oleh

Puso Akibat Bencana, Ganjar Siapkan Benih Gratis dan Asuransi Untuk Petani

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Musibah banjir bandang yang melanda Jawa Tengah beberapa waktu lalu membuat ribuan hektar lahan pertanian mengalami puso atau gagal panen. Meski begitu, petani-petani di Jawa Tengah tidak kebingungan mengingat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng telah mengantisipasi hal-hal itu.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, secara mekani dan sistematis, Pemprov Jateng sudah memiliki kebijakan untuk membantu petani Jateng yang puso akibat bencana.

“Sudah kita siapkan semuanya, semua petani yang puso akibat bencana itu, kita punya cadangan benih pemerintah gratis. Jadi silahkan yang puso tinggal mengajukan saja,” kata Ganjar di Semarang, Selasa (12/2).

Selain itu, tahun ini lanjut dia Pemprov Jateng telah menyiapkan program asuransi petani. Asuransi yang dapat digunakan oleh petani jika mengalami gagal panen akibat bencana itu dinilai sangat tepat untuk mengatasi persoalan semacam ini.

“Mulai Tahun ini Pemprov Jateng akan membantu petani yang miskin untuk kita cover dengan asuransi pertanian. Yang petani miskin akan kami bebaskan dari premi asuransi, namun bagi yang petani mampu ya membayar sendiri. Biayanya tidak mahal kok, cuma Rp36.000 saja perhektar,” jelas Ganjar.

Meski begitu, sosialisasi mengenai program asuransi petani itu lanjut Ganjar, tidaklah mudah. Namun, pihaknya akan terus berusaha memahamkan dengan memberikan contoh saat terjadi bencana seperti seperti sekarang, barulah terasa betapa pentingnya asuransi tersebut.

Komentar