oleh

PWI Kabupaten Bogor Gelar Orientasi Organisasi 2019

INILAHONLINE.COM, CIBINONG

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor menggelar orientasi organisasi untuk pembekalan kepada wartawan calon anggota baru PWI. Hal ini diselenggarakan untuk memberikan Kerja Latihan Wartawan (KLW) bagi para wartawan yang ingin bergabung menjadi anggota PWI.

“Orientasi organisasi bagi para wartawan yang sehari-hari melakukan tugas peliputan di wilayah Kabupaten Bogor ini, dimaksudkan untuk memberikan pembekalan mengenai jurnalistik kepada peserta,” kata salah satu anggota Dewan Penasehat PWI Kabupaten Bogor, H. Bustanul Daham, Rabu (21/8/2019, di Tegar Beriman Komplek Pemkab Bogor, Cibinong.

Bustanul mengatakan, pihaknya meminta perhatian kepada para peserta untuk mengikuti orientasi ini dengan sungguh-sungguh, karena dalam kerja latihan wartawan ini para nara sumber atau pemberi materi akan memaparkan berbagai materi berkaitan dengan jurnalistik.

“Selain penilaian hasil latihan kerja para peserta. kelulusan peserta akan ditentukan oleh hasil ujian yang akan diikuti dan absensi kehadiran”, ujarnya.

Dalam kesempatan itu pula, Ketua Panitia Kerja latihan wartawan, M. Dauri melaporkan, peserta orientasi berjumlah 93 orang Wartawan dari berbagai media yang bertugas di wilayah Bogor.

Sementara itu Ketua PWI Kab Bogor H. Subagyo, dalam sambutannya meminta para peserta bersungguh sungguh mengikuti seluruh materi yang diberikan para nara sumber dari PWI Jawa Barat. Karena, orientasi ini didalamnya ada kegiatan semacam kerja lithan waratawan atau Diklat Dasar Jurnalistik bagi para calon anggota PWI.

“Untuk itu, saya meminta kepada para pesertabenar-benar untuk mengikuti latihan kerja ini secara serius. Karena hasil penilaiannya nanti akan menentukan kepada peserta yang lolos untuk menjadi anggota PWI,” paparnya.

Dalam Orientasi Organisasi Calon anggota PWI Kabupaten Bogor Angkatan I tahun 2019 ini, pihak PWI Jawa Barat menerjunkan 3 orang nara sumber atau pelatih terdiri dari Agus Dinar, Moh. Syafrin, dan Refa Riana.

Hal senada juiga dikatakan Sekretaris PWI Jawa Barat Wawan Rusmana yang mewakili Ketua PWI Jawa Barat. Menurutnya, untuk materi yang akan diberikan kepada peserta diantaranya, penulisan berita dan pemahaman kode etik jurnalistik, serta UU Pers.

“Dalam orientasi ini, terutama untuk materi uji menulis berita, akan menjadi penentu kelulusan nantinya”, ungkap Wawan saat memberikan sambutannya sebelum dimulainya kegiatan orientasi organisasi PWI Kabupaten Bogor tersebut.

Pembukaan secara resmi kegiatan orientasi organisasi PWI Kabupaten Bogor ini, dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor Dr. Kardenal M.Si. Kehadiran Kadiskominfo tersebut adalah mewakili Bupati Bogor yang berhalangan hadir.

Seluruh peserta nampak antusias mengikuti jalannya materi yang disajikan dan berlangsung berjalan sehari penuh hingga penutupan pada sore harinya pukul 16.30 Wib.

(Kristian Budi Lukito)

Komentar