oleh

RAPI Gelar Bantuan Komunikasi Angkutan Lebaran

INILAHONLINE.COM, CIBINONG

Jelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) wilayah 05 Kabupaten Bogor melakukan operasi penyelenggaraan bantuan komunikasi angkutan lebaran terpadu tahun 2019. Kegitan ini rutin dilakukan setiap tahunnya dengan bersinergi dengan intansi-instansi terkait khususnya Dinas Perhubungan, Kepolisian Sektor, dan Dinas Kesehatan. Kegiatan berlangsung mulai tanggal 30 Mei sampai dengan 6 Juni 2019.

Ketua RAPI Wilayah 05 Kabupaten Bogor Fahmi Shakrir Rangkuti (JZ10FLY) mengatakan, dirinya mengintruksikan kepada jajarannya untuk mendirikan dan mengaktifkan Posko Bantuan Komunikasi (BANKOM) baik stasiun bergerak atau stasiun tetap disesuaikan pada masing-masing lokal, terutama yang bersinggungan dengan jalur mudik dan jalur wisata guna memberikan informasi arus lalu lintas dan atau situasi Kamtibmas di masing-masing lokal.

“Kami mengaktifkan satgas komunikasi (SATGASKOM) tingkat lokal untuk memberikan informasi melalui stasiun tetap dan bergerak. Mengaktifkan satgas RAPI reaksi cepat yang mengakomodir informasi mengenai kebencanaan tingkat lokal dan memberikan informasi dari tempat kejadian musibah atau kejadian bencana”, terang Fakhmi.

Ia menambahkan, lokasi posko berada di jalan raya Stadion Pakansari Cibinong, fasilitas frekuensi yang dapat digunakan yakni VHF 142.400Mhz (point to point) dan HF 11.415 Mhz, 27.405 Mhz (chanel 40) mode usb. Serta aplikasi Whats App di 085211421950.

“Kegiatan ini tentunya dalam upaya membantu mewujudkan penyelenggaraan angkutan lebaran yang selamat, aman, tertib dan nyaman. Kegiatan ini juga membantu pemerintah, instansi terkait dan masyarakat pada umumnya dalam hal pemantauan dan memberikan informasi tentang arus lalu lintas, kemacetan lalu lintas, jalur yang dilintasi para pemudik, kamtibmas, gangguan alam, secara cepat dan tepat demi lancarnya arus mudik lebaran dan arus balik lebaran tahun 2019”, tambahnya.

(Basir)

Komentar