oleh

Ratusan Peserta MPLS SMK Taruna Terpadu 2 Borcess Blusukan di Sawah

INILAHONLINE.COM, KEMANG – Lingkungan pedesaan Bogor berlatar danau yang asri dan masih dipenuhi area persawahan yang menguning ternyata sangat memikat peserta didik asal Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Tujuh mahasiswa jurusan Ilmu Lingkungan, di antaranya dari Maryland University USA yang mengikuti program Massa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) hari kedua SMK Taruna Terpadu 2 Borcess, Selasa (17/7) di wilayah Kemang, Kabupaten Bogor mengaku memperoleh pengalaman baru yang tak mereka temui di negerinya.

“Ini sangat seru dan menarik. Kami bisa bekerjasama dengan anak-anak SMK. Dan, suasananya indah dan unik, tidak ada yang seperti ini di Amerika,” ujar William Deibert, mahasiswa Jurusan Ilmu Lingkungan di Perguruan Tinggi Maryland Amerika, itu berkomentar.

Sembari meluruhi jalan setapak di pematang sawah, mereka bersukaria menikmati angin semilir di udara nan segar Kota Hujan, yang kemarin siang berada di level 29 derajat Celcius. Mereka juga terkesan dengan permainan ala lowrisk outbond di sawah bersama sekitar 650 peserta PLS SMK Taruna Terpadu 2.

“Permainan yang dilakukan, yaitu Estafet Sarung dan Menara Gelas Plastik, serta sejumlah permainan menarik lainnya,” ungkap M Fadhil RH, anggota Panitia Kelas SMK Taruna Terpadu 2 Borcess yang turut mengawal tujuh mahasiswa asal Amerika itu.

Suasana PLS di sawah itu kian guyub ketika Kepala SMK Taruna Terpadu 2, Besse Warni, MM mengumandangkan yel-yel ‘Borcess 2’, lalu dijawab serempak oleh ratusan peserta PLS, dengan gemuruh, “Smart, Strong, Solid…!” Para mahasiswa asal AS pun turut menyemangati peserta didik yang kini telah menanggalkan seragam Putih-Biru dan berganti Putih-Abu-abu itu.

Semangat yang dikobarkan oleh peserta PLS dan didukung Bule asal Negeri Paman Sam ini membuat antusiasme peserta didik tahun ajaran 2018/2019 semakin meningkat. Acara ini diawali dengan Senam Pagi, dilanjutkan dengan lowrisk outbond.

Pada kesempatan itu, ratusan peserta PLS SMK Taruna Terpadu 2 Borcess memberikan sumbangan berupa kain sarung, mukena, dan sajadah serta sandal jepit kepada warga setempat yang diberikan melalui pengurus musholla dan masjid di kawasan Kemang.

Acara makin seru ketika diperagakan 9 persembahan Demo Ekstrakurikuler, yakni Japan Club, English Club, Dance Modern, Taekwondo, Pramuka, Paskibra, Basket Ball, Solo Vocal, dan Modelling. Acara ini juga diramaikan oleh alumni yang mengikuti fashion show, dengan mengenakan gaun yang didisain oleh Siswi SMK Taruna Terpadu 2. Di akhir acara diadakan apel spesial, dengan menyatakan janji siswa yang sekaligus menutup serangkaian acara PLS 2018/2019.

“Saya ucapkan selamat. Kalian telah menutup Lembaran Putih-Biru, dan telah membuka Lembaran Putih-Abu-abu. Lanjutkanlah dengan potensi yang kalian miliki untuk meningkatkan generasi muda yang hebat,” ujar Besse Warni, MM, Kepala SMK Taruna Terpadu 2. (Cheyne Amandha Miranda)

Komentar