oleh

Sabet 102 Medali, Indonesia Juara Umum ASG XI 2019

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Kontingen Indonesia akhirnya berhasil meraih juara umum ASEAN Schools Games (ASG) XI 2019, setelah mengungguli Thailand di peringkat kedua klasemen umum pada hari terakhir loma, Selasa mala (23/7/2019) malam.

Para atlet pelajar kita akhirnya mampu meraih total 102 medali dengan rincian 43 medali emas, 34 m3dali perak, dan 25 perunggu. Dengan raihan medali menunjukkan sekali bahwa target yang ditentukan Kemenpora akhirnya bisa terwujud. Adapun Thailand, akhirnya meraih 33 medali emas, 31 perak dan 35 perunggu.

Ketua Kontingen Indonesia ASG 2019, Yayan Rubaeni mengatakan, keberhasilan kedua kalinya Indonesia meraih juara umum ASG. Meski sebelumnya prestasi serupa diraih di Brunai Darussalam pada 2015 lalu.

”Dari dua juara umum ini ada yang berbeda dari segi medali, namun kali ini Indonesia mampu merorehkan capaian medali terbesar asejak ASG dimulai 2008 lalu,”ujar Yayan.

Menurutnya, pihaknya sangat bangga pada prestasi perolehan medali emas, yang didalamnya ternyata ada capaian medali emas melebihi dari target yang ditentukan, sehingga menghasilkan kejutan yang membanggakan.

”Dari raihan medali itu, 43 emas diraih 13 medali emas diraih dari cabor renang, sehingga jumlah ini melebihi target 12 medali emas. Selanjutnya atletik meraih 11 emas dari 8 medali emas yang ditargetkan,”paparnya.

Namun demikian, lanjutnya, perolehan terus didapat dari cabang olah raga lain diantaranya, raihan emas diperoleh dari cabor bulu tangkis yang mampu menyapau bersih tujun medali emas yang diperebutkan. ”Ini kali pertama setelah sebelumnya sering berbagi dengan Malaysia dan Thailand,”tuturnya.

Selain itu, pihaknya mengapresiasi raihan medali emas di cabg pencak silat, sehingga bela diri dari Indonesia ini meraih tuuh medali emas, dari 10 medali emas yang diperebutkan. Selanjutnya dari tenis, Indonesia memperoleh empat medali emas dari dua medali emas yang ditargetkan.

”Tidak ketinggalan lagi sepak takraw yang sebelumnya tidak diperhitungkan, kali ini bisa mempersembahkan kejutan satu medali emas. Dari sebelas kali gelaran pertama mendapat medali emas,”ujarnya.

Plt Asdep Olahraga Kemenpora RI, Arsani mengapresiasi terhadap perolehan dari 178 jumlah atlet, yang sudah berjuang luar bisa membela Indonesia dari awal sampai selesai. Para atlet mempunyai dedikasi sangat luar bisa, sehingga kedepan diharapkan menjadi atlet masa depan bangsa kita.

”Jadi mereka berjuang melebih target 36-38 emas yang ditargetkan, namun sampai hari akhir bisa mempersembahkan 43 medali emas, 34 perak dan 25 perunggu. Kami mensyukuri beberhasilan ini berkat rahmad Allah SWT. kami berterima kasih kepada Pemkot Semarang dan Pemprov Jaw Tengah atas terselenggaran event dengan baik dan pihak-pihak yang membantu pelaksnaan, sehingga bisa membanggakan Indonesoia,”pungkasnya.

(Suparman)

Komentar