oleh

Satgas Indobatt Laksanakan Pengamanan Terhadap Pengecekan Blue Barrel

INILAHONLINE.COM, LIBANON

Satgas Indobatt XXIII-N/UNIFIL dari Kompi Bravo di bawah pimpinan Komandan Kompi (Danki) Lettu Inf Galuh Priya Pambudi melaksanakan Pengamanan / Force Protection Blue Barrel Maintenance Campaign untuk tim Cambodian Multi-Role Engineering Unit (CAMBMEU) dan Lebanon Armed Force (LAF) yang sedang melaksanakan pengecekan Blue Barrel, Selasa (10/11/2020).

Danki Bravo mengatakan bahwa tugas pengamanan yang dilakukan oleh satgas Indobatt merupakan bagian dari tugas rutin dan atas perintah satuan atas untuk memastikan keselamatan tim pemeriksa tujuh Blue Barrel di sepanjang Blue Line yang kebetulan juga berada di daerah operasi batalyon Spanyol. Kegiatan pemeriksaan batas wilayah itu penting untuk mewujudkan rasa aman dan menjaga rasa saling percaya dari kedua belah pihak yang bertikai untuk tidak melakukan perlintasan batas wilayah.

Penempatan Blue Barel disepanjang Blue Line dengan mengunakan instrumen survei dan pemetaan untuk mengambil koordinat melalui Geographic Information System (GIS). Blue Barrel didirikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2000 sebagai tanda penarikan pasukan Israel dari Lebanon. Dalam pertemuan Tripartit tahun 2007 menghasilkan kesepakatan bahwa kedua belah pihak menandai batas wilayah dengan Blue Line di lapangan.(Hariyadi)

Komentar