oleh

Satgas MTF TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL Amankan Pertemuan Delegasi Lebanon-Israel

INILAHONLINE.COM, LIBANON

Satuan Tugas (Satgas) TNI Maritime Task Force (MTF) Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-L/UNIFIL 2019 KRI Sultan Hasanuddin 366 melaksanakan pengamanan terhadap kegiatan pertemuan delegasi Lebanon dengan delegasi Israel.

Demikian dikatakan oleh Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL Letkol Laut (P) Ludfy, S.T., MMDS., pada saat On Task ke-39 dalam pelaksanaan Quadripartite Meeting sektor laut, bertempat di Area of Responsibility (AOR) UNP 1-32 A, Lebanon Selatan, Rabu (11/11/2020).

Quadripartite Meeting merupakan pertemuan empat pihak antara delegasi Lebanon dengan Israel yang dimediasi oleh UNIFIL dan Pemerintah Amerika Serikat. Pertemuan ini di agendakan untuk membahas isu terkait batas dan zona debarkasi wilayah maritim antara Lebanon dan Israel.

Satgas MTF KRI Sultan Hasanuddin 366 dipercaya oleh UNIFIL untuk melaksanakan tugas sebagai unsur pengamanan. Dalam hal ini Satgas MTF KRI Sultan Hasanuddin 366 bertanggung jawab terhadap keamanan sektor laut serta mengkoordinir gambaran situasi taktis laut dan udara guna menghadapi berbagai ancaman yang sewaktu-waktu terjadi dan dapat menggagalkan pertemuan yang berlangsung.

Untuk mendukung pelaksanaan tugasnya, KRI Sultan Hasanuddin 366 terus berkoordinasi Angkatan Laut Lebanon dalam memonitor dan mendeteksi kontak yang mendekati tempat kegiatan serta menyiapkan Tim Visit Boarding Search and Seizure (VBSS) apabila diperlukan.(Hariyadi)

Komentar