Satu Tahun Kepemimpinan Ade – Iwan, Ruhiyat : Raportnya Masih Merah

INILAHONLINE.COM, CIBINONG

Suara sumbang muncul dari Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor yang menilai setahun kinerja pemerintahan Ade Yasin – Iwan Setiawan masih banyak kelemahan yang harus dibenahi.

“Banyak sekali yang harus dibenahi. Kami menilai, program pembangunan infrastruktur masih gagal, pelayanan publik juga masih belum maksimal, masih raport merah,” ujar anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, Ruhiyat Sujana, Jumat (27/12/2019).

Dari hasil sidak Komisi IV ke lima sekolah, kata Ruhiyat, semuanya gagal, bahkan dari sidak ke Kantor Kecamatan Bojonggede, pelayan kepada masyarakat masih carut marut.

“Kami (Komisi IV – red) sidak ke lima sekolah, disana kami temukan pekerjaan tidak ada yang beres, kata dinas sudah dikerjakan tapi pas kami datang ke salah satu sekolahannya ternyata belum, dinasnya dibohongi. Dari segi pelayanan kami kunjungi Kecamatan Bojonggede, pelayanan kepada masyarakat masih buruk,” bebernya.

Ditegaskan Ruhiyat, kegagalan oleh bawahan ini yang bertanggungjawab adalah pimpinan. Sehingga, kami berharap Bupati harus tegas kepada bawahannya yang tidak becus bekerja.

“Bupati harus bertangan besi. Kami juga berharap untuk program pelayanan masyarakat jangan ada efisiensi agar hasilnya maksimal, jangan sampai terjadi karena pemilihan pemenang proyek adalah penawar terendah tapi pada akhirnya gagal pembangunannya, karena dalih efisien tapi justru merugikan masyarakat,” tegas Ruhiyat.

Senada dengan Ruhiyat, Wakil Ketua Komisi IV Ridwan Muhibi, menilai kepemimpinan Ade – Iwan belum terlihat adanya perubahan lebih baik. Ia menilai, antara Bupati dengan SKPD belum sejalan.

“Saya lihat Dinas belum melakukan sepenuhnya mengoptimalkan program-program yang sudah dibuat, banyak pekerjaan yang tidak selesai, bahkan ada yg putus kontrak. Jadi SiLPA yang muncul adalah SiLPA negatif karena meskipun terserap tapi hasilnya tidak maksimal sesuai perencanaan. Bisa dikatakan ini raport merah pelaksanaan APBD 2019,” ujarnya.

Kami harap, tegas Ridwan, ini bisa dijadikan bahan evaluasi kedepan agar jadi lebih baik.

“Tahun depan kan sudah 100% programnya pemerintahan Ade – Iwan, jadi kami harap ada perubahan yang lebih baik. DPRD akan maksimal melakukan fungsi pengawasan agar program-program yang sudah disepakati bisa dilaksanakan secara maksimal, yang dampaknya betul-betul dirasakan masyarakat,” pungkasnya.

(Zack)

banner 521x10

Komentar