oleh

Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat, Berjuang Bersama Melawan Pandemi Covid 19

“Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat “, merupakan tema HKN pada tahun ini. Tema ini merupakan salah satu seruan kepada seluruh tenaga kesehatan dan seluruh komponen masyarakat untuk terus bertekad menyelamtkan bangsa dalam pandemic covid 19. Jaga Diri Keluarga , keluarga, dan masyarakat , Selamatkan bangsa dari Pandemi Covid 19 merupakan sub tema yang mempunyai arti mengajak seluruh masyarakat ar tidak putus asa dan kendor dalam menjada kesehatan diri serta selalu melaksanakan protocol kesehatan.

Peringatan HKN ke-56 tahun 2020, dilaksanakan di tengah bencana kesehatan yang telah merenggut ribuan jiwa masyarakat termasuk tenaga Kesehatan, dan menjadi sebuah kenyataan yang memprihatinkan.. Pandemi ini telah dirasakan pengaruhnya telah berdampak terhadap aspek Kesehatan, sosial dan ekonomi, serta terganggunya pelayanan di berbagai bidang. Pembatasan mobilitas masyarakat berpengaruh pada aktivitas bisnis yang kemudian berimbas pada perekonomian. Cepat atau lambatnya penurunan angka penularan virus corona ditentukan oleh kemauan masyarakat untuk patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan yang ditandai oleh sikap dan perilaku sehat seseorang dalam melakukan aktivitasnya.

Perjuangan menyelamatkan bangsa dari belenggu COVID-19 masih panjang dan membutuhkan kerja keras. Ikhtiar yang harus dilakukan adalah berusaha untuk melindungi diri, keluarga, dan orang lain di sekitar kita dengan, menerapkan protokol kesehatan. Transmisi atau penularan di masa adaptasi kebiasaan baru akan terus terjadi selama masyarakat tidak mau menerapkan perilaku pencegahan COVID-19.

Selanjutnya Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ( HKN) ke-56 Tingkat Kota Bogor akan dilaksanakan rangkaian kegiatan yang akan melibatkan seluruh insan kesehatan di kota Bogor, sehingga kami sangat mengharapkan semua insan kesehatan bahu membahu memberikan layanan kesehatan yang terbaik dan dirasakan langsung oleh masyarakat kota Bogor.

Rangkaian Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di kota Bogor adalah sebabai berikut:

1. Upacara Peringatan HKN melalui Virtual
Upacara dilaksanakan pada tanggal 12 Nopember secara virtual dengan Kementrian Kesehatan RI. Kegiatan dilanjutkan dengan upacara virtual sekaligus lanunching kegiatan “ GEMA (Gerakan Masyarakat) yang melibatkan seluruh RS, Puskesmas dan organisasi profesi kesehatan se-Kota Bogor. Tepat pada pukul 12.00 WIB dilakukan “Gerakan Tepuk Tangan Bersama 56 detik” sebagi symbol pengahargaan kepada Tenaga kesehatan yang telah. berjuang dan Masyarakat yang telah melaksanakan Protokol Kesehatan untuk mencegah Covid 19

2. Pengabdian Masyarakat
Semua RS , puskesmas dan Organisasi Profesi Kesehatan diwajibkan melakukan kegiatan Pengabdian masyarakat dengan melakukan upaya-upaya promotif dan edukatif maupun deteksi dini yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat baik di dalam gedung maupun luar gedung selama bulan Nopember 2020 . Kegiatan dapat berupa: pemeriksaan kesehatan gratis, pembagian masker, penyuluhan ke masyarakat,seminar, dll.

3. Kampanye GEMA (Gerakan Masyarakat) 3M
Kegiatan kampanye masif ke masyarakat yang akan dilaksanakan secara serentak di wilayah kota Bogor dengan melibatkan seluruh institusi kesehatan, lintas sector dan komponen masyarakat diluar bidang kesehatan selama Nopember 2020. Masing-masing diinstansi akan mendapatkan bantuan masker dari Kementrian Kesehatan RI yang telah didistribusikan ke Dinas Kesehatan Kota Bogor. Masing-masing institusi diperbolehkan membuat masker sendiri.

4. Penyebarluasan informasi melalui media
Semua intansi kesehatan diwajibkan menyebarluaskan informasi terkait peringatan HKN baik melalui media cetak ( spanduk, umbul-umbul,dll) maupun media yang lainnya selama bulan Nopember 2020.

Meskipun HKN tahun ini dilaksanakan dalam kondisi yang memprihatinkan, harapan kita semua menjadi momentum untuk mengubah perilaku masyarakat dan mendorong penguatan upaya kesehatan promotif dan preventif.

Implementasinya harus melibatkan peran aktif lintas sektor, perguruan tinggi, ormas, swasta, termasuk media massa. Sehingga dapat membangun masyarakat Kota Bogor yang produktif dan aman COVID-19 di era adaptasi kebiasaan baru.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi dan memudahkan itikad baik kita dalam mewujudkan masyarakat Indonesia dan masyarakat Kota Bogor yang lebih sehat.
Salam Sehat, Sehat Indonesia ! Bersyukur

Oleh:
Erny Yuniarti, SKM
Kasi.Infokes dan Humas.

(Advertorial)

Komentar