oleh

Sejumlah LSM Di Kabupaten Jepara Sambut Hangat Rencana Pelantikan Pengurus PPM dan LVRI Se-Eks Karesidenan Pati Di Jateng

INILAHONLINE.COM, JEPARA – Sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Jepara Jateng menyambut hangat rencana pelantikan pengurus Pemuda Panca Marga (PPM) dan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Se-Eks Karesidenan Pati di Jawa Tengah (Jateng) meliputi Kabupaten Jepara, Kudus, Pati, Rembang dan Kabupaten Blora.. 

Salah seorang tokoh pemuda aktivis LSM Lindu Aji dan Ormas Garda Jepara di kabupaten Jepara, Topan negatakan, LSM-LSM di wilayah Kabupaten Jepara mengatakan, hadirnya PPM dan LVRI di Kota Ukir ini, secara langsung atau tidak akan menambah kharisma kewibawaan pemerintahan daerah setempat. 

“Keberadaan PPM dan LVRI di Jepara akan menambah semarak dalam dunia pergaulan kemasyarakatan antar LSM di wilayah kabupaten Jepara. Setidaknya akan ada jalinan komunikasi dan kerja sama, antara LSM-LSM dan organisasi kepemudaan (OKP) PPM serta wadah para mantan pejuang kemerdekaan bernama LVRI,” katanya.

Ketua LVRI Jateng Kol. Purn. H.Imam Moenadjat ketika dikonfirmasi inilahonline.com mengatakan, masih merahasiakan kapan pelaksanaan pelantikan pengurus LVRI dan PPM di lima wilayah kabupaten Kabupaten se Eks Karesidenan Pati tersebut, karena pihaknya belum bisa memastikan kapan pelantikan dilaksanakan.

“Sampai saat ini, Bupati Jepara Andi Kristiandi melalui Kepala Dinas Kominfo (Kadiskominfo) Kabupaten Jepara, masih belum ada konfirmasi terlaksana audensi, dikarenakan belum ada waktu yang tepat mengingat Bupati masih sibuk dengan tugas kegiatannya sebagai kepala daerah,” ungkapnya.

Dalam audiensi itu, selain digunakan untuk silaturahim, kami juga akan dijelaskan secara rinci mengenai jadwal kegiatan pelantikan pengurus LVRI dan PPM nanti diantaranya adalah acara inti “pembaretan” sebagai warga kehormatan LVRI dan PPM yang akan diberikan pada jajaran pimpinan pemerintahan setempat yaitu, Bupati, Ketua DPRD, Dandim, Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri Kabupen Jepara.

“Pelantikan Pengurus LVRI dan PPM di Eks Karesidenan-karesidenan se-Jateng, beberapa waktu lalu sudah dilaksanakan dianatranya adalah Pengurus  Eks Karesidenan Pekalongan, Karesidenan .Kedu dan Eks Karesidenan Semarang,” jelasnya.

Sementara itu, Pengurus Pusat LVRI Drs. Dadiek Sudadi ketika dihubungi melalui telpon selulernya menjelaskan, bahwa PPM adalah wadah atau organisasi kepemudaan para anak pejuang dan merupakan anak kandung veteran yang dilahirkan oleh LVRI.

“Tata kerja dan hubungan antar Pengurus LVRI Jateng dan Pengurus PPM Jateng yang signifikan  dan harmonis itu, akan dijadikan model bagi pengurus LVRI dan PPM diseluruh daerah di Indonesia,” terang Humas LVRI Pusat tersebut.

Lebih lanjut Sudadi mengatakan, dirinya merasa bangga dengan tata kerja LVRI dan PPM Jateng menjadi contoh untuk tataran nasional yakni dengan harmonisnya hubungan PPM dengan para seniornya di LVRI.

“Saya sebagai orang Jateng merasa bangga dengan tata kerja dan  keharmonisan antara LVRI dan PPM Jateng yang dapat dicontoh oleh pengurus-pengurus lainnya di Indonesia,” imbuhnya. (Heru Chris Amari).

Komentar