oleh

Sekda Minta DPKP Terus Tingkatkan Kinerja

InilahOnline.com (Cibinong) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kanupaten Bogor, Adang Suptandar menyambangi kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Bogor, pada Senin (6/3). Menghadiri syukuran atas penghargaan yang diterima yakni National Leader Pitching ( NLP) yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam Hut pemadam kebakaran di Halaman Monumen Nasional, Jakarta.
Dalam amanat Sekda mengungkapkan agar performance Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan untuk terus dipertahankan bahkan di tingkatkan karena tantangan kedepan akan lebih berat karena pertumbuhan pembangunan di masyrakat terus berkembang,maka perlu kewaspadaan bila terjadi kebakaran.
“Jangan berdoa ada kebakaran, tapi saya menginginkan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan turun langsung ke masyarakat dan perusahaan untuk memberikan sosialisasi terhadap bahaya kebakaran,untuk mengurangi bahaya kebakaran.”ujarnya.
Sekda mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor akan memenuhi sarana dan prasana untuk armada dan juga gedung kantor Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan karena saat ini masih bergabung bersama Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor.
“Secara bertahap akan di tambah baik unit dan pembangunan gedung baru di kaji sesuai dengan tata letaknya,”katanya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan, Epi Rupali mengatakan bahwa total armada mobil pemadam ada 18 unit yang terbagi di 14 unit mobil di Kantor Cibinong, 4 unit terdapt di Kantor Pemadam di daerah leuwiliang dan Ciawi. Namun pada tahun 2018 akan dilakukan pengadaan mobil pemadam baru untuk menjangkau bangunan tinggi di atas 10 Meter.
“Kedepan kita akan lakukan pengadaan mobil pemadam untuk bangunan tinggi hal tersebut dilakukan karena tuntutan pembangunan di tengah masyarakat yang semakin komplek,” ujarnya.
Ia juga mengatakan bahwa fungsi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan harus bergerak cepat dengan respon time yang sekarang 30 menit harus menjadi 15 menit karena kejadian kebaran bulan Januari sampai Februari ada 12 kejadian kebakaran.
“Biasanya banyak kejadian kebakaran sekitar musim kemarau pada tahun 2016 saja jumlah ada sekitar 300 kejadian jadi hampir 40 kejadian setiap bulannya,” tandasnya. (Andi/Diskominfo)

Komentar