Sertipikat Program PTSL Kabupaten Bogor akan Diserahkan Langsung oleh Presiden Jokowi

Megapolitan743 Dilihat

InilahOnline.com (Cibinong) – Program Pedaftaran Tanah Sistimatis Langsung (PTSL) yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk wilayah Kabupaten Bogor telah memasuki tahap penyelesaian.

Menurut Asisten Daerah (Asda) Pemerintahan Kabupaten Bogor, Burhanuddin, untuk Kabupaten Bogor rencananya mendapat kuota sebanyak 98 ribu. Namun kemungkinan tahap pertama baru 80 ribu. “Kuota PTSL untuk kabupaten Bogor merupakan yang terbesar se Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut Burhanuddin mengatakan, rencana penyerahan sertipikat program PTSL itu akan diserahkan langsung secara simbolis oleh Presiden Jokowi pada Selasa (18/12) mendatang, sehingga tidak seluruh pemohon harus hadir dalam penyerahan sertipikat tersebut.

“Diperkirakan yang datang sekitar 12 ribu, karena tidak mungkin 80 ribu peserta PTSL itu akan hadir seluruhnya dalam acara kegiatan penyerahan sertipikat itu,” ungkapnya kepada inilahonline.com usai rapat persiapan rencana penyerahan, di ruang rapat Bupati, Jumat (8/12/2017) kemarin.

Dalam rapat tersebut hasilnya Pemkab Bogor menyiapkan dua alternatif tempat yang dipilih, yakni di GOR Pakansari dan Lapangan Tegar Beriman di Komplek Perkantoran Pemkab Bogor, Cibinong.

“Sepertinya yang menentukan lokasinya nanti adalah pihak Paspampres.” kata mantan Kadis Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Bogor tersebut.

Untuk saat ini, program PTSL di kabupaten Bogor masih diwilayah Cibinong Raya saja. Namun untuk tahun 2018 nanti rencananya akan dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Bogor, karena untuk melakukan program PTSL ini diperlukan persiapan yang matang dan koordinasi dengan instasi terkait, yakni antara Kantor Pertanahan dengan Pemkab Bogor.

Secara terpisah, Camat Sukaraja , Makmun Nawawi menuturkan, wilayahnya mendapat kuota PTSL 20 ribu, namun peserta PTSL sebagai penerima sertipikat yang akan dihadirkan pada acara penyerahan secara simbolis nanti hanya 2.500 orang terdiri dari dua tim.

“Sebenarnya kuota untuk Kecamatan Sukaraja dirasa masih kurang, karena masih banyak warga kami yang ingin mendapatkan sertipikat melalui program PTSL ini. Mudah-mudahan tahun depan 2018 nanti kami akan mendapat lagi kuota yang lebih besar di program PTSL ini.” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Hak dan Pendaftaran Tanah (HTPT) BPN Kabupaten Bogor, Budi Kristiana ketika dikonfirmasi membenarkan tentang rencana kegiatan penyerahan sertipikat PTSL secara simbolis yang akan dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi. “Kami bersama Pemkab Bogor masih terus berkoordinasi untuk mempersiapkan rencana kegiatan tersebut,” ujarnya. (Piyarso Hadi)

banner 521x10

Komentar