oleh

Sidang Trio Emak Pepes Masuki Pembacaan Tuntutan

INILAHONLINE.COM, KARAWANG

Perkara ujaran kebencian terhadap paslon 01 Jokowi-Ma’ruf Amin yang melibatkan tiga emak-emak dari Komunitas Partai Emak-Emak Pendukung Prabowo-Sandiaga (PEPES) terus berlanjut di Pengadilan Negeri Karawang
Sidang ketiga terdakwa, Engqay Sugiarti (39), Ika Peranika (36), dan Citra Widianingsih (38) memasuki agenda pembacaan tuntutan oleh Jaksa penuntut umum, akan tetapi majelis hakim, yang diketuai Elvina, SH, MH memutuskan menunda pembacaan tuntutan kepada tiga emak-emak itu hingga Kamis (18/7/2019), dengan alasan pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyatakan belum siap.

Elvina sempat mempertanyakan alasan penundaan yang berasal dari JPU, Wahyudhi. Ia menyatakan, Kejaksaan Negeri Karawang masih menunggu pertimbangan Kejaksaan Tinggi Jabar untuk urusan tuntutan kepada tiga emak PEPES tersebut.

“Alasan ditunda karena rencana tuntutannya di Kejaksaan Tinggi Jabar,” ucapnya saat ditemui INILAHONLINE.COM usai sidang.

Banyak pendukung emak-emak yang menghadiri sidang pembacaan tuntutan ini.sehingga membuat situasi menjadi ramai saat hakim mengetuk palu untuk menunda sidang tuntutan tersebut, hingga akhirnya hakim Elvina mengancam akan mengeluarkan mereka.

“Kalau tidak bisa diam, saya keluarkan anda semua,” tegas Elvina.

Diberitakan sebelumnya, aksi emak-emak ini dalam video “Jika Jokowi-Maruf Terpilih, Tidak Lagi Ada Azan” sempat viral dan menjadi sorotan publik karena menuduh Jokowi akan melarang adzan dan memakai kerudung sehingga menyebarkan ujaran kebencian.

Jaksa Penuntut umum, Wahyudhi mendakwa trio emak-emak ini dengan Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45 a ayat 2 UU RI No 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik; dan/atau Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 atau Pasal 15 UU RI No 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

(Yogie/Joen)

Komentar