oleh

SMAN 4 Kota Bogor Gelar Aksi Donor Darah

InilahOnline.com (Kota Bogor) – SMA Negeri 4 Kota Bogor, Jl. Dreded No. 36 Bogor Selatan Kota Bogor, melalui Dugus Depan (Gudep) 151-152, gelar aksi bhakti sosial donor darah yang digelar di aula SMAN 4, Senin (6/2).

Wakil Kepala Sekolah SMAN 4 Mamat mengatakan, kegiatan ini kali kedua dalam kurun waktu dua tahun yang telah dilaksanakan oleh pihak sekolah melalui gerakan Pramukanya.

“Untuk kedua kalinya dalam dua tahun kebelakang Pramuka Kota Bogor melalui Gugus Depan (Gudep) 151 – 152 SMA Negeri 4 Kota Bogor menggelar kegiatan sosial Donor darah ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut Mamat menambahkan, kegiatan yang awalnya sudah dijalankan sejak awal tahun 2000-an disambut atusias warga SMA Negeri 4 Kota Bogor yang didominasi para siswa dan para guru,” Kegiatan ini ditujukan untuk menanamkan rasa kepedulian para siswa melalui donor darah. Selain membantu orang lain yang membutuhkan darah, melalui donor darah tubuh kita juga mendapat dampak positifnya,” lanjutnya.

Donor darah (Dodar) yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini sebagai bentuk sinergitas ekstra kurikuler SMA Negeri 4 Kota Bogor yang terdiri dari OSIS, Gerakan Pramuka dan PMR.

Pelaksanaan dodar ini, tambah Mamat, mengikuti anjuran yang disampaikan PMI Kota Bogor, 3 atau 4 bulan sekali, tapi kita usahakan setahun sekali. Selain donor darah pada kesempatan lainnya kita suka menggelar kegiatan bakti sosial bekerjasama dengan Kwarcab Kota Bogor berupa pemberian sembako.

Sementara itu, Wisnu Hendratmoyo selaku petugas donor darah PMI Kota Bogor menjelaskan, kegiatan donor darah yang dilaksanakan SMA Negeri 4 Kota Bogor lebih ditujukan sebagai sosialisasi dan edukasi bagi para siswa yang mayoritas sebagai pendonor pertama kalinya.

“Minimal para siswa tahu dan mengenal dulu. Kalau dilihat pendaftaran cukup banyak, hanya persyaratan yang ada belum mencukupi seperti usia dan hemoglobin mereka yang belum memenuhi standar seorang pendonor,” jelas Wisnu. (nicko)

Komentar