oleh

STIE BPD Jateng Tampil Lebih Baik, Alumni Banyak Terserap di Pasar Kerja

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Persaingan perguruan tinggi untuk memperebutkan mahasiswa semakin ketat. Pasalnya, selain memperebutkan mahasiswa yang tidak lolos dalam seleksi perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta harus mempunyai strategi untuk menggaet mahasiswa supaya bisa masuk perguruan tinggi yang diminatinya.

Meski jumlah perguruan tinggi swasta dan vokasi hingga kini, terus bertambah tidak menghalangi atau merasa tersaingi bagi STIE BPD Jateng. Perguruan tinggi perbankan ini berhasil meluluskan mahasiswanya dan bisa dengan cepat terserap di pasar kerja di seluruh wilayah Indonesia.

Contoh Agus Herlambang yang akrab disapa Lambang merupakan alumni STIE Bank BPD Jateng angkatan tahun 2000. Kini sudah menjabat sebagai Branch Manager PT Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang.

Kesuksesannya kini, tak lain, andil dari ia mengenyam pendidikan di STIE Bank BPD, dari tahun 2000 hingga 2004 silam. “Selama bersekolah di STIE BPD ini, saya sangat senang dengan kedisiplinan. Di lain itu, di STIE BPD ini, saya juga banyak diajarkan materi ekspor-impor, perpajakan, dan bahasa inggris. Bahkan ada laboratorium mini bank yang didesain khusus untuk praktek,”ujar pria disapa Lambang itu.

Lambang menceritakan, dalam menempuh pendidikan di lingkungan akademik ini, juga berkesan dengan organisasi yang ada di sekolah tinggi itu. Proses pembeljaran yang begitu dinamis , sehingga membuatnya tertarik untuk ikut bergabung dalam organisasi tersebut. Apalagi ia pernah bergabung di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), yang turut serta membangun karakternya saat ini.

“Semua lingkungan STIE BPD inilah yang membentuk saya bisa sampai saat ini,” jelas Lambang, yang sejak dulu bercita-cita menjadi seorang perbankan.

Tempati Gedung Baru

Ketua STIE Bank BPD, DR E Siti Puryandani, mengatakan, selain mencetak lulusan tangguh, pihaknya juga tengah menunjukan performa barunya (New Performance) dan juga menuju kualitas tempat yang nyaman, dan lengkap fasilitas dalam lokalasi pembelajaran, dalam gedung baru di sekolah tinggi tersebut (New Building).

“Berbagai fasilitas sudah kami siapkan di gedung baru, mulai dari kelas berjumlah 53 ruang yang nyaman untuk pembelajaran, hall untuk berbagai kegiatan, baik untuk mahasiswa dan juga segala kegiatan di STIE BPD, dengan kapasitas 500 orang lebih. Wisuda pada 26 September mendatang akan digelar di Hall STIE BPD. Selain itu juga fasilitas parkir yang cukup luas untuk siswa kami disini, ada juga tempat untuk para Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berjumlah 19, dan juga ada tempat khusus untuk coworking space, untuk mitra kami, baik dari alumni dan dari pihak luar,” sambungnya.

Coworking Space ini diadakan untuk kegiatan di sore hari, karena coworking space ini juga bisa digunaka untuk mitra STIE BPD.

“Pembelajaran di STIE BPD ini ada dua kelas, yakni kelas pagi pukul 07.00 sampai pukul 15.20 dan kelas malam dari pukul 17.00 sampai dengan pukul 21.00. Kelas malam ini, memang kami khususkan para siswa yang sudah bekerja.

Sehingga mereka bisa mengenyam pedidikan di STIE BPD juga bisa menyelesaikan pekerjaannya di pagi hari,” tuturnya.

Semua yang disiapkan sejak dulu oleh STIE BPD untuk meningatkan mutu kualitas pembelajaran di STIE BPD itu, terus dilakukan. Di antaranya fasilitas Mini Bank, yang bisa secara lansung digunakan para mahasiswa di sekolah tinggi tersebut.

Lab Mini Bank kami ini didukung oleh PT Bank Jateng, jadi mahasiswa kami bisa langsung praktek cara kerja di perbankan lewat Mini Bank kami ini. Dan untuk pengajar, kami juga selalu panggilkan praktisi.

Jadi pengajar tidak bisa seenaknya, karena ada praktisi yang kami panggil untuk mengajar langsung seperti pajak, bahasa inggris, perbankan juga kami undang sebagai praktisi, termasuk ekpor impor, dan pasar modal,” jelasnya.

Segala yang terbaik diberikan STIE BPD untuk mencetak lulusan yang siap bekerja, dalam semangat “New Performance, New Building”.

Dengan gedung baru, tempat pembelajaran yang nyaman di gedung baru ini, diharapkan Siti, untuk mahasiswa baru, ada berbagai kegiatan mulai malam keakraban, inagurasi, dan lainnya ini, serta masyarakat luas, diharapkan dengan adanya gedung baru di Jalan Soekarno-Hatta, bisa memantik semangat baru.

“Baik itu semangat untuk memperbaiki diri, semangat secara fisik dan psikologi, bukan hanya menampilkan gedung baru saja, tapi juga semangat baru untuk ditampilkan kepada masyarakat umum dan Jawa Tengah, bahkan Indonesia.

Tidak perlu khawatir memasrahkan pendidikan putra putri masyarakat ke STIE BPD ini, karena kami menawarkan suasana belajar yang menyenangkan, dan pasti mencetak lulusan yang terbaik di dunia keuangan dan perbankan,” pungkasnya.

(Suparman)

Komentar