STIKOM Lakukan Kerja Sama dengan Semarangpedia.com dalam Pelatihan Media Online Berbasis Kampus

Daerah, Pendidikan388 Dilihat

InilahOnline.com (Semarang-Jateng) – Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang menggandeng SemarangPedia.com untuk memberikan penampingan pelatihan pengelolaan media online berbasis kampus.

Kerja sama itu direalisasikan setelah di antara kedua belah pihak menadatangani Memorandum of Understanding (MOU) di Kampus Stikom Jalan Wolter Monginsidi No 119 Pedurungan Semarang, Kamis. (23/11/2017)

Dalam MoU tentang pengeloaan media online berbasis kampus itu, ditandatangani oleh Ketua Stikom Semarang Drs H Gunawan Witjaksana M.Si dan Pimpinan Redaksi SemarangPedia.com Rachmat Sujianto.

Dalam sambutannya, Gunawan Witjaksana mengatakan kerja sama itu diinisiasi jajaran dosen dan kalangan mahasiswa Stikom, sebagai upaya untuk dapat mewujudkan membuat media online berbasis kampus, sebagai tindak lanjut pengembangan media cetak sebelumnya yang telah dimiliki perguruan tinggi itu dengan nama Benteng Kampus.

Menurutnya, media online yang kini tengah disiapkan Stikom akan memprioritas pemberitaan di sekitar kampus, baik pendidikan, kreativitas mahasiswa, hasil penelitian dan tulisan artikel para dosen, komunitas mahasiswa, seminar, diskusi dan lainnya.

”Pemberitaan tidak hanya informasi kegiatan kampus Stikom saja, namun semua kegiatan kampus di semua perguruan tinggi sangat dimungkinkan untuk dapat diberitakan sepanjang berupa positif dan dapat mendidik serta bermanfaat bagi masyarakat,”ujarnya.

Media online, lanjutnya, yang disiapkan Stikom tidak hanya berupa tulisan saja, namun akan dilengkapi juga dengan streaming vidio, broadcasting radio, E-paper dan terintergasi dengan jaringan berbagai media yang dimiliki Stikom.

Menurut Gunawan, dengan hadirnya media online kampus ini, diharapkan tulisan hasil karya para mahasiswa Stikom yang berkualitas dapat dipublikasikan, yang sebelumnya banyak tulisan mereka tidak terpublikasikan secara luas.

”Media online ini sebenarnya untuk memberikal praktek kepada mahasiswa secara langsung, sehingga setelah lulus dari kampus bisa mengembangkan bakatnya ke dunia kerja nyata, yaitu menjadi wartawan yang siap pakai,”paparnya.

Sementara itu, Rachmat Sujianto menuturkan menyambut baik kerja sama ini. Bagi dirinya kerjasama ini lebih dilatar belakangi oleh semangat SemarangPedia, untuk melakukan pendampingan pengelolaan media online yang dapat untuk meningkatkan kualitas sumber daya mananusia (SDM) khususnya kalangan mahasiswa Stikom.

”Kerja sama ini juga dimaksudkan untuk memperkaya rubrikasi dan pengetahuan, pemberitaan tentang aktivitas kampus di era digital dan milenia saat ini dan ke depan,”ujarnya,

Menurutnya, selain kerja sama ini dapat untuk memperkaya konten, tidak hanya pemberitaan umum, ekonomi, olahraga, hukum, politik, pendidikan, tetapi aktivitas positif kalangan mahasiswa, termasuk lifestile, hiburan dan aktivitas komunitas mereka dapat ditampilkan melalui media online.

”Dengan adanya media online ini semua kegiatan mahasiswa, bisa terpublikasikan dengan jelas,”tandasnya.

Realisasi kerja sama antara Stikom dan SemarangPedia.com ini dapat dinikmati para pembaca tidak hanya kalangan mahasiswa, tetapi masyarakat umum secara luas.

Dalam versi media cetak, Benteng Kampus produk Stikom tetap akan hadir sesuai yang dijadwalkan, sementara itu dalam versi online, masyarakat dapat menyimak tulisan-tulisan hasil karya para mahasiswa dan para dosen, serta akan dilengkapi hasil karya mahasiswa dalam bentuk streaming vidio dan broadcasting radio.

”Jadi media online yang dimaksud adalah tidak hanya portal berita online, tetapi juga bisa memperhitungkan akun twitter, facebook, instagram dengan follower banyak, fanpage dengan jumlah like besar, blog dengan jumlah pengunjung tinggi, dan yang lainnya,”katanya.(Suparman)

banner 521x10

Komentar