oleh

Tari Tradisional Soreng dan Topeng Ireng Ramaikan Festival Kampung Gunung

INILAHONLINE.COM, MAGELANG

Festival Kampung Gunung “Telomoyo Nganengi” di Pelataran Parkir obyek wisata Gunung Telomoyo, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, mendapat perhatian masyarakat, terutama para wisatawan domestik. Mereka antusis menyaksikan gelaran budaya tradisional.

Plt Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Magelang yang Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso mengatakan, Beberapa tarian tradisional tampil dalam Festival Kampung Gunung, seperti Topeng Ireng, Tarian Soreng, Jatilan dan kesenian tradisional lainnya.

Festival Kampung Gunung yang digelar Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, mulai Jumat hingga Minggu (29-1/12/2019) malam. Kegiatan yang masuk tahun kedua ini, bekerjasama dengan Komunitas Seni Budaya Nusantara (KSBN) Magelang.

Menurut Iwan, gelaran Festival Jamoung Gunung di plataran parkir obyek wisata Gunung Telomoyo, tidak hanya menyuguhkan kersenian tradisional, tetapi juga memamerkan berbagai produk UMKM dan kuliner khas Kabupaten Magelang. Karena tujuannya, untuk meningkatkan pariwisata yang dapat menumbuhkan nilai ekonomi masyarakat.

Plt Kabid Pemasaran dan Kelembagaan Disparpora Kabupaten Magelang, Zumrotun Rini mengatakan lomba drumblek ini memang khas disini. “Di Kabupaten Magelang perlombaan drumblek memang masih jarang, dan kami sajikan di event ini,” katanya.

Dalam lomba, para peserta bermain dengan kreatif dengan menambahkan nuansa baru alam bermain musik. Lomba drumblek juga mendapatkan antusiasme dari masyarakat sekitar yang memadati area lomba untuk menyaksikan penampilan menarik dari masing-masing grup drumblek.

Ketua KSBN Kabupaten Magelang, Mul Budi Santoso menambahkan, rangkaian kegiatan Festival Kampung Gunung cukup meriah dengan diselenggarakannya Telomoyo Night Carnival. Juga penampilan dari Om Wawes.

Pada siang harinya dilaksanakan lomba senam kreasi antar sanggar dan lomba Drumblek. Kedua lomba kemarin, diikuti puluhan grup dari berbagai kota seperti Semarang dan Salatiga, selain tuan rumah Kabupaten Magekang.

Festival Kampung Gunung sendiri berlangsung di Parkiran Wisata Telomoyo di Dusun Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak. Sementara lomba drumblek ini memang menjadi salah satu ciri khas khusus event tahunan ini.

“Hari ini terakhir, Minggu (1/12), banyak keseruan mulai dari Paralayang, penampilan soreng istana dan juga konser Pendhoza,” kata Ketua KSBN Magelang, Mul Budi Santoso.

(Ali Subchi)

Komentar