oleh

The Global Digital Football Study, Persib Menempati Peringkat ke-23 Klub Paling Populer di Dunia

INILAHONLINE.COM, BANDUNG

PERSIB menjadi klub dengan komunitas digital terbesar di Benua Asia. Hal itu merujuk pada The Global Digital Football Study yang dirilis setiap dua kali dalam setahun oleh media olahraga asal Jerman, Result Sports.

Media berbasis di Buedingen tersebut baru saja mengeluarkan Global Digital Football Benchmark per Januari 2019, tepatnya‎ 4 Januari 2019 lalu. Hasilnya, PERSIB unggul dibandingkan klub-klub lainnya di Asia dengan mengantongi 15 juta pengikut di media sosial.

Adapun media sosial dengan penyumbang follower terbesar bagi PERSIB datang dari platform Facebook dengan total 9 juta pengikut. Selanjutnya, diikuti Twitter dan Instagram resmi PERSIB yang memiliki 3 juta dan 2 juta pengikut. Selain itu, kanal PERSIB di YouTube sudah menembus 250 ribu pelanggan. Sisanya, ada sekitar seribuan pengikut di sosial media lainnya.

Dilansir dari laman resmi PERSIB, ‎Maung Bandung menempati peringkat ke-23 di dunia, berada dua strip di atas klub ibukota Italia, AS Roma yang memiliki 14 juta pengikut. Sementara, peringkat pertama ditempati klub asal Spanyol, Real Madrid dengan jumlah 242 juta pengikut.

PERSIB bersaing ketat dengan tiga tim asal benua Amerika. Supardi cs. berada di bawah Club América dari Meksiko, dan Boca Junior yang sama-sama mengumpulkan 16 juta pengikut. Namun, Maung Bandung unggul tipis atas River Plate, tim yang pernah dibela legenda Los Merengues, Alfredo Di Stefano.

Di level Asia, PERSIB unggul jauh‎ atas klub asal Tiongkok, Guangzhou Evergrande FC. Tim yang kini ditukangi Fabio Cannavaro itu berada di peringkat ke-38, dengan 7 juta pengikut. Sementara pesaing Pangerang Biru di Indonesia datang dari Persija Jakarta, yang berada di peringkat ke-55 dengan jumlah pengikut 5 juta orang di media sosial.

(Mohammad Iqbal)

Komentar