oleh

Tim Indonesia Juara Umum Asean School Games (ASG) Xl 2019

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, melakukan Closing Ceremony Asean School Games (ASG) Xl 2019, di pelataran Taman Lumbini, Kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Rabu (24/7) siang tersebut, berlangsung sangat meriah. Acara penutupan ajang pesta olah raga tahunan untuk sekolah-sekolah tinggi di kawasan Asia Tenggara ini mendapat apresiasi dari negara Filipina, Brunei, dan Singapura.

“Acara penutupan ini kita telah mendapatkan apresiasi dari Filipina, Brunei, dan Singapura. Mereka sangat puas, ini adalah acara paling bagus, dan mereka senang ternyata masyarakat sangat mendukung secara luar biasa,” ujar Ganjar Pranowo, usai menyaksikan Closing Ceremony Asean Schools Games Xl.

Menurut Ganjar, target dalam pengelolaan event tersebut telah sampai pada tujuan yang diinginkan. Bagaimana tidak, dalam ajang tersebut tim Indonesia telah berhasil menjadi juara umum.

“Saya sampaikan selamat kepada tim Indonesia, karena kita menjadi juara umum. Dan atlit dari Jawa Tengah sebanyak 48 atlit, mereka menyumbangkan 43 medali emas, 3 perak, dan 2 perunggu. Tentu saja ini bagian dari target kita untuk membina atlit-atlit muda agar bisa maju ke Asean Games,” ungkapnya.

Gubernur Jateng Ganjar berpesan kepada para atlit yang menang maupun kalah. Menurutnya, menang kalah adalah suatu hal yang biasa dalam sebuah pertandingan. “Yang kalah nggak usah gaya-gaya ngenyek-ngenyek, dan yang menang juga harus tetap latihan lagi. Karena olah raga itu adalah tempat paling menarik untuk belajar sportif. Karena biasanya meskipun kalah mereka akan tetap berpelukan,” katanya.

Terkait penyelenggaraan ASG Xl di Jawa Tengah, menurut Ganjar, masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Salah satu diantaranya, ia meminta harus ada produk-produk yang ditampilkan dalam kegiatan tersebut.

“Entertainnya sudah cukup bagus, namun akan lebih bagus lagi apabila kita juga bisa menampilkan produk-produk kita supaya mereka bisa belanja. Karena kita juga punya terget tidak sekedar event olah raga, tetapi kita juga bisa jualan wisata, kuliner, merchandise, termasuk kerajinan-kerajinan yang kita miliki,” ujarnya.

(Ali Subchi)

Komentar