oleh

Tim Verifikasi Pembina Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional Datangi Kota Bogor

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat menerima tim verifikasi pembina kabupaten/kota sehat tingkat nasional tahun 2019 di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bogor, Selasa (08/10/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Sekda memaparkan berbagai upaya Pemerintah Kota (Pemkot) dalam mewujudkan Kota Sehat.

“Rancangan rencana jangka panjang 2025, Kota Bogor ingin mewujudkan masyarakat yang madani dan sehat, yang akan dilaksanakan secara bertahap dalam bentuk RPJMD. Kita juga memiliki mimpi yang tertuang dalam Perda Nomor 14 Tahun 2019, yaitu mewujudkan Kota Bogor sebagai yang ramah keluarga,” kata Sekda.

Salah satu misi dalam mewujudkan mimpi tersebut kata dia, adalah menjadikan Kota Bogor sebagai kota yang sehat. “Gayung bersambut dan sejalan dengan regulasi yang dikeluarkan pemerintah pusat. Misi lain yang diusung Pemerintah Kota Bogor adalah mewujudkan kota yang cerdas dan kota yang sejahtera,” kata Ade.

Kepada ketua verifikasi, Sekda menjelaskan upaya Pemkot Bogor dalam mewujudkan kota sehat yang tercermin dalam kota yang bersih, aman, dan nyaman. “Dari segi infrastruktur Kota Bogor senantiasa berupaya mewujudkan hal tersebut,” terangnya.

Ketua Tim Verifikasi Lapangan Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Pusat, Carolina Rusdy Akib mengatakan, kegiatan ini setiap tahun pesertanya semakin meningkat. Di 2017 ada 165 peserta dari 26 provinsi dan 2019 ada 2002 peserta dari 29 provinsi.

Ia memaparkan, di dalam ketentuan umum kabupaten/kota sehat adalah suatu kondisi kota nyaman aman dan sehat untuk diduduki masyarakat dan pemerintah daerah. “Kegiatan ini sangat terintegrasi. Untuk tahun ini salah satu prasyaratnya adalah minimal untuk akses sanitasi sebesar 65 persen,” kata Carolina.

Usai diterima tim verifikasi melanjutkan peninjauan dan penilaian lokasi khusus (lokus) ke beberapa OPD terkait.

(Periksa Ginting)

Komentar