oleh

TOT Kader Bela Negara Glombang 1 di Gelar Badiklat Kemenan RI

INILAHONLINE.COM, RUMPIN

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI menggelar Diklat TOT Kader Bela Negara gelombang I tahun 2019, di Pusdiklat Bela Negara Kemhan RI, Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/9/2019).

Mewakili Kapusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan RI Brigjen TNI Kartiko Wardani, Kabid Ops Diklat Pusdiklat Bela Negara Kolonel Inf Ade Kurnianto dalam sambutannya mengatakan, Bela Negara sebuah konsep yang disusun sebagaimana diamanatkan pada UUD 1945, Pasal 27 ayat (3).

“Bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara,” ujarnya.

Menurut Ade, para peserta akan ditanamkan nilai-nilai bela negara. Sehingga nantinya setiap warga negara mampu mengaktualisasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

“Pembinaan kesadaran Bela Negara diarahkan untuk menangkal paham-paham ideologi dan budaya yang bertentangan dengan nilai kepribadian bangsa Indonesia. Bela Negara dilakukan secara berkesinambungan melalui pendidikan dan pelatihan serta sosialisasi, sehingga dapat menjadi landasan yang kokoh terhadap ketersediaan sumber daya pertahanan,” jelasnya.

Ade berpesan kepada para peserta, untuk mengikuti semua materi, aturan dan instruksi yang ada saat diklat. “Tetap semangat!,” serunya.

Diklat Bela Negara kali ini diikuti oleh 60 peserta dari berbagai elemen. Di antaranya ormas Pemuda Pancasila, Aparatur Sipil Negara (ASN), pelajar, dan mahasiswa.

(Badar)

Komentar