oleh

Tumbuhkan Jiwa Patriotisme dan Nasionalisme Pangdam IV/Dipenogoro Berikan Lima Pesan untuk Santri Pramuka

INILAHONLINE.COM, KENDAL – Guna menumbuhkan jiwa patriotisme dan Nasionalisme, Pondok Pesantren Darul Amanah Ngadiwarno Sukorejo menggelar Lomba Perkemahan Khutbatul Arsy ke VII yang diikuti sebanyak 2.050 Pramuka santriwan santriwati selama dua hari 19-21 Agustus 2018.

Pangdam IV Diponegoro Mayor Jenderal TNI, Wuryanto S.Sos M.Si dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Dandim 0715 Kendal Letkol Czi Hendro Edi Busono menyampaikan lima pesan kepada insan pramuka santriwan-santriwati Ponpes Darul Amanah Ngadiwarno.

Lima pesan itu yakni pertama tingkatkan intensitas dan kualitas gerakan pramuka sebagai wadah pembentukan karakter bangsa, kedua gerakan pramuka harus menjadi pelopor dalam membudayakan diri senang bekerja keras serta cerdas dan iklhas.

Ketiga ajak kaum muda untuk meningkatkan semangat bela negara, tumbuhkan jiwa patriotisme dalam membela kepentingan bangsanya. Keempat galang terus persaudaraan antar sesama anggota pramuka dan kelima amalkan satya dan dharma pramukan sebagai inti dari gerakan pramuka.

”Junjung tinggi kode etik serta amalkan satya dharma gerakan pramuka dengan penuh semangat. Melalui gerakan pramuka santri, saya berharap bisa menjadi wadah dalam menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual generasi muda,”jelasnya.

Dijelaskan, Lomba Perkemahan Khutbatul Arsy ke VII tahun 2018 ini bisa menjadi ajang kegiatan dalam memberikan makna bagi peningkatan pengetahuan dan kemampuan kepramukaan bagi para santri khususnya di Ponpes Darul Amanah.

Pengasuh Ponpes Darul Amanah, KH. Mas’ud Abdul Qadir menuturkan kegiatan ini termasuk rangkaian kegiatan Porseka ke 25 dan Khutbatul Arsy ke 28 dengan mengangkat tema Pramuka Pelopor Peradaban Bangsa. Diikuti sebanyak 2,160 peserta tingkat Penggalang dan Penegak.

”Kegiatan sebagai sarana untuk mempererat ukhuwah Islamiyah diantara para santri dalam mengembangkan sikap iman dan wawasan kebangsaan. Serta meningkatkan kualitas SDM melalui gerakan pramuka untuk membangun diri dan potensi diri,”katanya.

Adapun kegiatan itu dikemas dalam bentul lomba diantaranya, wawasan kreatifitas, adventure dan acivity, survival camp, LKBB, sandi morse, P3K, Pionering, Juz Amma, Tilawah, Pidato Bahasa Arab, Indonesia, Inggris, brocasting, standup Comedy, LCC, Puisi, Kaligrafi, kariakatur, karya ilmiah.

Bupati Batang, Wihaji yang hadir dalam kegiatan itu sembari menjenguk putranya yang belajar di Ponpes DA mengaku bangga dan mengapreasi dengan adanya kegiatan tersebut. Melalui gerakan pramuka bisa meningkatkan kedisiplinan, kerjasama, gotong royong, kerja keras serta ikhlas tolong menolong.

”Terlebih insan pramuka bisa mengamalkan dan menjalankan satya dan dasa Dharma Gerakan Pramuka. Jdi sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki ilmu dan pengetahuan, untuk membentuk karakter dan kepribadian yang baik dalam membangun bangsa,”tandasnya.(Suparman)

Komentar