oleh

Wako Semarang Hendi Dikukuhkan Sebagai Warga Kehormatan dari Akpol

INILAHONLINE.COM, SEMARANG – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dikukuhkan sebagai warga kehormatan dari Akademi Kepolisian (Akpol), yang ditandai dengan penyematan pin oleh Gubernur Akpol, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel.

Gubernur Akpol, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel secara resmi langsung menyematkan pin, sebagai tanda warga kehormatan kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi itu, dalam sebuah upacara tradisi penyambutan di Gerbang Tanggon Kosala Akademi Kepolisian, Senin (20/8/2018).

Rycko Amelza Dahniel mengatakan sebagai Wali Kota Semarang, Hendi panggilan akrab Hendrar Prihadi itu dipilih menjadi warga kehormatan Akademi Kepolisian, karena dinilai sebagai pemimpin inovatif dan kreatif dalam menyejahterakan masyarakat, khususnya di Kota Semarang.

”Yang paling luar biasa adalah Kota Semarang mampu melampaui Kota Surabaya dan Bandung dalam Indeks Pembangunan Manusia,”tuturnya.

Selepas dinobatkan sebagai warga kehormatan Akademi Kepolisian, Hendi diminta untuk berbicara sebagai warga kehormatan Akademi Kepolisian, kepada ratusan Taruna tingkat dua, tiga dan empat.

Dihadapan para Taruna Akpol, Hendi membahas sejumlah topik tentang upaya menyejahterakan masyarakat, di antaranya terkait upaya menurunkan Gini Ratio atau Indeks Ketimpangan Masyarakat.

”Saya mengajak para Taruna Akpol untuk membandingkan besaran Gini Ratio Kota Semarang, pada saat terjadi krisis ekonomi global pada 2008-2009 dan 2015,”pintanya.

Hendi yang menjabat sebagai Wali Kota Semarang sejak 2013 menyebutkan pada 2009, Gini Ratio Kota Semarang berada pada angka 0,37.Besaran ketimpangan antara masyarakat Semarang, yang kaya dan yang miskin pada saat itu terbesar di Jawa Tengah, dibandingkan daerah-daerah lain seperti Salatiga (0.29), Solo (0,27), Kendal (0,28), atau bahkan Demak (0,22).

”Yang jelas kondisi ketimpangan tersebut, kemudian mampu dikendalikan pada 2015, hingga tercatat di tahun itu Gini Ratio Kota Semarang berhasil turun di angka 0,31,”ungkapnya.(Suparman)

Komentar