oleh

Ujang Sutrisna Digadang-gadang Calon Kuat Kepala BKPSDM Subang

INILAHONLINE.COM, SUBANG

Mendekati di penghujung akhir tahun 2019, sedikitnya terdapat sembilan Jabatan eselon II (Kepala SKPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Subang yang akan ditingglkan pejabatnya, karena memasuki purna tugas (pensiun). Ditambah adanya beberapa jabatan Kepala SKPD yang kosong dan kini dijabat oleh Plt.diantaranya Disparpora, Sekreretaris DPRD, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana , Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A), Badan LingkunganHidup (BLH) dan Dispemdes.

Diantara jabatan eselon-II yang akan ditinggalkan pejabatnya adalah Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Subang kini dijabat Hj.Nina Herlina menjadi sorotan publik, mengingat tugas dan pokok BKPSDM cukup strategis. Pimpinannya harus mampu memanage, mengoordinasikan dan mengendalikan dalam melaksanakan tugas yang menjadi kewenangannya secara mumpuni.

Ditengah hiruk pikuk ramainya penetapan tersangka salah satu mantan Kabid di SKPD ini yang dahulu bernama Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Heri Tantan Sumaryana oleh KPK , kini muncul satu nama yang digadang-gadang calon kuat untuk menjadi Kepala BKPSDM Subang.

Disebut-sebut dari kalangan ASN yang kini muncul dipandang layak sebagai calon pengganti Kepala BKPSDM Subang Hj.Nina Herlina yang sekarang menjabat dan sebentar lagi akan pensiun, yaitu H.Ujang Sutrisna yang saat ini menjabat Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan dipercaya Bupati menjadi Plt. Sekretaris DPRD.

“Iya, memang pak Ucok (sapaan akrab Ujang Sutrisna) calon kuat. Semua juga sudah tahu,” kata salah satu ASN yang enggan disebutkan namanya kepada awak media, Selasa (15/10/2019).

Menurutnya, H.Ujang Sutrisna, merupakan sosok ASN yang serba bisa dan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Saat dipercaya Bupati Subang H. Ruhimat menjadi Plt.Sekretaris DPRD, ia dengan cepat bisa beradaptasi dengan bawahannya maupun bersama seluruh anggota DPRD.

Bahkan Wakil Bupati Agus Masykur Rosyadi sekalipun yang awalnya meragukan kemampuan Ujang Sutrisna saat dipercaya Bupati untuk menjadi Plt Sekwan , akhirnya Wabup mengacungkan jempolnya terhadap kecakapan Ujang Sutrisna.

BKPSDM Subang selama ini memang menjadi salah satu OPD yang menjadi pusat perhatian publik, mengingat OPD tersebut berhubungan langsung dengan penerimaan CPNS dan jenjang karier ASN Subang. “Saya kira pak Ucok cocok lah, mengomandani BKPSDM yang sebentar lagi kan bu Hj. Nina mau pensiun,” lanjutnya.

Menanggapi hal tersebut Ujang Sutrisna saat ditemui di ruang Risalah DPRD Subang, Selasa (15/10/2019) berujar, bila itu merupakan dukungan dan doa dari sesama ASN yang tentunya menambah semangat dirinya untuk terus mengabdi.

“Alhamdulillah itu kepercayaan dan doa dari teman-teman. Mungkin mereka melihat kapasitas dan kemampuan saya, jadi mereka mendukung saya,” kata Plt Sekwan DPRD Subang itu.

Dukungan itu menurut Ucok, tentunya sebagai doa yang baik. “Ini tentunya doa dari teman-teman. Saya tegaskan ya kalau ASN harus siap ditempatkan dimana saja. Kalau dibilang siap atau tidak ya saya siap,” tegasnya.

Sementara dari kalangan pemerhati kebijakan publik Kabupaten Subang RA.Hakim,S.Ip mengungkapkan BKPSDM adalah OPD yang harus dijadikan sebagai tempat penertiban Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga Subang ke depan akan lebih maju lagi.

“Tentunya dengan SDM yang unggul Subang akan maju, maka tolak ukurnya penertiban SDM karena membangun daerah tidak terlepas dari SDM. Dengan SDM yang baik, tetunya apa yang dicita-citakan bupati akan segera tercapai,” pungkasnya.

Hakim menilai bahwa selama ini kepemimpinan Hj.Nina Herlina dianggap gagal mengendalikan BKPSDM. Salah satu indikatornya carut marutnya penerimaan CPNS sehingga menimbulkan banyak masalah yang berdampak dengan hukum.

Bukan hanya itu, bahkan menurutnya dalam pelaksanaan rotasi, mutasi dan promosi terhadap 301 pejabat eselon IV,III dan II yang digelar Bupati H.Ruhimat belum lama ini menjadi sorotan publik. Bupati sendiri mengaku kecewa atas kinerja Kepala BPKSDM.

(Abdulah)

Komentar