oleh

Usai Dilantik, Kepengurusan OPGI Bogor Siapkan Kolaborasi dengan Stakeholder Dalam Menjalankan Programnya

INILAHONLINE, BOGOR – Dewan Pimpinan Pusat Organisasi Pekerja Garmen Indonesia (DPP OPGI) secara resmi melantik Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Organisasi Pekerja Garmen Indonesia (OPGI) Bogor masa bhakti 2021-2024, di Hotel M-One Bogor, Sabtu (10/4/2021).

Menurut Ketua DPD OPGI Bogor Aries Sunan mengatakan, OPGI Bogor menyatakan siap berkolaborasi dengan stakeholder atau pemangku kepentingan dengan pihak terkait dalam menjalankan programnya.

“Kami sangat senang setelah dilantik, tentu setelah ini kami menyusun program. Dalam waktu dekat ini akan menggelar pelatihan terhadap calon pekerja,” ujarnya

Dirinya bersama pengurus DPD Bogor memastikan semua programnya dalam upaya menekan jumlah pengangguran, khususnya di Bogor, baik Kota Bogor maupun Kabupaten Bogor akan dijalankan dan diusahakan semaksimal mungkin.

Pengurus Organisasi Pekerja Garmen Indonesia (OPGI) Bogor masa bhakti 2021-2024

“Sasaran kami adalah pengangguran agar bisa bekerja, apalagi saat pandemi Covid-19 saat ini dimana banyak orang mengalami kesulitan,” tambah Aries Sunan.

Ketua DPP OPGI Stenly Ngelo menaruh harapan terhadap OPGI Bogor, selain melakukan kolaborasi dengan stakeholder, juga bisa membuat program yang berdampak nyata terhadap masyarakat. Outcome-nya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu, mengurangi pengangguran. Di Jabar ini kurang lebih 2,5 juta orang menganggur, termasuk yang di Bogor ini, jelasnya.

“OPGI memiliki visi menjadikan organisasi dengan anggota yang kompeten, terlatih yang siap bersaing di dunia kerja industri dan dunia usaha dengan salah satu misinya adalah menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan untuk calon pekerja industri dan wirausaha berdasarkan standar. Diklat (pendidikan latihan) sudah jalan dan sedang proses lembaga sertfikasi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengawasan Keselematan dan Kesehatan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat,Yanti Krisdiyan yang mewakili Kadinakertrans Jawa Barat Rahmat Taufik Garsadi mengatakan, pihaknya  juga berharap OPGI dapat menyongsong pasar global dan bisa menciptakan SDM yang unggul sesuai kebutuhan industri garmen dan tekstil.

Usai dilantik, jajaran pengurus OPGI Bogor berpose bersama

“Jangan sampai kepengurusan sudah dibentuk tapi Tuk Cing (duduk cicing/hanya nama), bekerjalah tidak terlihat tapi hasilnya nyata,” ujar Yanti Krisdiyan usai acara pelantikan DPD OPGI Bogor.

Ditempat yang sama Ketua Panitia Andie Mahputra Gunawan mengungkapkan, merasa bersyukur karena acara berjalan cukup baik dan akan menjadi evaluasi dalam pelaksanaan berikutnya. Selain itu, dalam acara kegiatan pelantikan OPGI tersebut, juga dilantik OPGI Kabupaten Bekasi.

Hal senada juga dikatakan, Ketua Dewan Pelindung OPGI Brigjen TNI S.H. Setya Budhi, bahwa tujuan OPGI yang ingin mensejahterakan masyarakat mesti mendapat dukungan semua pihak. “Pesen saya, jaga disiplin, hirarki dan jaga kehormatan institusi, ucapnya saat memberikan motivasi terhadap seluruh pengurus,” ucapnya. (Cheyne Amandha Miranda)

Komentar