oleh

Usmar : pelaku usaha mikro dan kecil berbasis syariah adalah calon entepreneur masa depan

Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman menilai peserta temu pelaku usaha mikro
dan kecil berbasis syariah adalah calon-calon entepreneur masa depan. Pelaku usaha mikro dan kecil akan didorong Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk mampu melebarkan, dan menambah kapasitas usaha, sehingga diharapkan mereka mampu menyedot tenaga kerja, mengurangi pengangguran dan menaikan daya beli masyarakat.

Hal itu diungkapkan Usmar saat menjadi pembicara dalam kegiatan temu pelaku usaha yang digelar Pusat Studi UMKM UIKA Bogor, Sabtu (11/03/17).

Menurut Usmar, untuk mewujudkan hal tersebut salah satunya melalui mobil klinik UMKM Inkubator Syariah yang digagas Pusat Studi UMKM UIKA yang didukung perbankan berbasis syariah akan didorong untuk mampu melebarkan, dan menambah kapasitas usahanya.

“Kalau hal ini bisa terjadi diharapkan Indeks Pembangunan Kota Bogor akan meningkat,” kata Usmar.

Jika salah satu indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Bogor kata Usmar adalah daya beli, maka upaya sejenis ini akan terus didorong. Pemkot Bogor lanjut Usmar, telah melakukan berbagai upaya, antara lain dengan melakukan pembinaan Pedagang Kaki Lima (PKL) dan peningkatan kapasitas status yang awalnya kantor menjadi Dinas Koperasi dan UKM.

“Dengan menjadi dinas tentunya akan menjangkau jauh lebih luas lagi. Kedepan, Pemkot Bogor juga akan meningkatkan Bank Pasar melalui perubahan nama. Kami punya skema kredit untuk usaha kecil dan menengah
dengan jaminan serta rekomendasi dari Inkubator dan dinas terkait tanpa agunan, cukup bermodalkan KTP dan KK, lalu Bank Pasar ataupun nanti apa namanya akan memberikan pinjaman,” Pungkasnya. (humas:Tria/Met). SZ

Komentar