Walikota Semarang Berhasil Pertahankan Predikat Pelayanan Publik Sangat Baik oleh Kemenpan

Daerah479 Dilihat

InilahOnline.com (Semarang-Jateng) – Walikota Semarang Hendrar Prihadi berhasil memperta-hankan predikat sebagai pembina pelayanan publik dengan kategori sangat baik. Hal itu terungkap saat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan piagam penghargaan kepada Walikota Semarang yang diwakili oleh Wakil Walikota Hevearita Gunaryati Rahayu.

Penyampaian penghargaan disampaikan oleh Sekretaris KemenPAN-RB Dwi Wahyu Atmadji pada acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Pemberian Piagam Pelayanan Publik Tahun 2017 terhadap Kabupaten/Kota se-Indonesia, di Kantor Kementerian PANRB Jl. Jenderal Sudirman Kav 69 Jakarta Selatan, Rabu (24/1/2018).

Sejumlah pelayanan publik Pemkot Semarang pun dinilai berpredikat sangat baik, seperti Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Rumah Sakit Umum Daerah KRMT Wongsonegoro, serta Kantor Pertanahan Kota Semarang.

Dalam rangka mengakselerasi kualitas pelayanan publik di Indonesia, pemerintah melalui Kemen PAN-RB sebagai instansi yang menaungi, kebijakan pelayanan publik di Indonesia dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan pemantauan dan evaluasi kinerja, penyelenggaraan pelayanan publik sebagaimana diamanahkan dalam UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, melaksanakan evaluasi kepada unit-unit pelayanan publik di 72 Kabupaten / Kota Role Model di Indonesia.

Deputi Pelayanan Publik Prof. Diah Natalisa menyampaikan, bahwa evaluasi ini dilaksanakan agar para Pimpinan Instansi Pemerintah dan Pimpinan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, tetap memiliki komitmen supaya tanpa henti terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan dilingkup tugas dan fungsinya masing-masing.

”Diharapkan dengan adanya evaluasi ini, dapat menambah wawasan kepada Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah Role Model tentang strategi pembinaan dan partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik,”katanya.

Sementara itu Hendi menegaskan, penghargaan dalam capaian Pembina Pelayanan Publik terbaik yang kedua kali, selama dua tahun berturut-turut ini adalah buah dari konsistensi seluruh elemen masyarakat dalam membangun Kota Semarang.

”Banyak orang menanyakan mempertahankan lebih sulit dari mendapatkannya, dan hari ini kami membuktikan bahwa segala capaian positif yang telah diraih, bisa dipertahankan.” tutur Hendi.

Meski demikian, pihaknya mengaku, setiap kali Kota Semarang mendapatkan penghargaan, saya selalu mengatakan bahwa di satu sisi menjadi sebuah kebanggaan, dan di sisi lain menjadi sebuah tantangan.

”Yang terpenting adalah kita semua sadar bahwa tantangannya semakin bertambah, setiap ada penghargaan baru yang didapatkan,” tegasnya.(Suparman)

banner 521x10

Komentar