oleh

Warga Pamoyanan bisa bayar tagihan menggunakan sampah

-Megapolitan-31 views

InilahOnline.com (Kota Bogor) -Warga masyarakat di Kelurahan Pamoyan, Kec-Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat, memiliki ide kreatif membangun Bank serta Perpustakaan berbahan dasar daur ulang sampah yang bisa digunakan untuk membayar tagihan.

Dikatakan penggiat Bank dan Perpustakaan sampah Elan Jaelani, semakin banyak tabungan sampah kita maka semakin banyak pula manfaat lain untuk membayar tagihan bulanan keluarga. Khususnya warga yang memiliki tabungan di Bank sampah ini, uangnya bisa pergunakan untuk membayar iuran tagihan listrik dan lain-lain. Dengan sampah-sampah yang dikumpulkan bisa langsung ditukar dengan uang atau bisa ditabung di tempat kami ini.

“Setidaknya masyarakat bisa terbantu bayar tagihan bulanannya dengan sampah yang dikumpulkan. Ada jajanan anak-anak juga yang kami sediakan di lokasi ini agar masyarakat yang membawa anaknya kesini merasa senang,” ujarnya. Rabu (12/4/17).

Jelas Elan, warga cukup membawa sampah non organik ke Bank dan perpustakaan sampah untuk ditimbang. Banyaknya sampah yang ditimbang dinominalkan dalam bentuk uang. Jumlah uang itulah yang dimasukkan ke rekening Bank sampah milik warga disini.

“Uang hasil penjualan sampah tersebut akan diberikan kepada nasabah atau digunakan untuk membayar tagihan listrik tiap bulannya atau makanan. Cukup nabung sampah, biaya listrik sudah terbayar,” paparnya.

Sambung Elan, keberadaan potensi aktivitas kemasyarakatan yang berorientasi lingkungan dan mempunyai pengaruh yang positif bagi masyarakat seperti Bank dan Perpustakaan Sampah ini, merupakan sesuatu yang harus didukung secara maksimal.

“Insya Allah akan berkembang menjadi Bank dan Perpustakaan Sampah yang profesional dan mampu menjawab tantangan pengelolaan sampah masa depan,” harapnya.

Dengan adanya pembayaran rekening listrik dengan sampah diharapkan bisa memacu semangat warga untuk lebih giat mengumpulkan sampah di lingkungannya dan peduli lingkungan sekitar, tidak membuang sampah sembarangan karena itu merupakan dosa yang tidak kita sadari. (nicko)

Komentar