oleh

Webinar SKSG-UI: “Timur Tengah dalam Sorotan: Perdamaian, Kemakmuran, Demokrasi”

Kemudian Direktur Eksekutif InMind Institute ini pun membahas seputar peran penting Indonesia dalam upaya mewujudkan perdamaian dan ketertiban dunia.

Khususnya dalam konflik Palestina – Israel dimana posisi Indonesia sangat tegas, jelas, dan tegak lurus, yakni tidak membuka hubungan diplomatik dengan Israel dan menentang segala bentuk penjajahan di atas dunia, termasuk penjajahan Israel terhadap Palestina. Indonesia juga mendukung penuh perjuangan kemerdekaan Palestina.

Kondisi ini terkait erat dengan status Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, penggagas dan pendiri Konferensi Asia Afrika, anggota aktif Organisasi Kerja Sama Islam (Organization of Islamic Cooperation), serta pendiri dan penggagas Association of South East Nations (ASEAN).

Republik Indonesia (RI) juga menjadi mitra strategis dan memiliki daya tawar yang tinggi terhadap Kerajaan Arab Saudi karena beberapa hal. Pertama, Indonesia menjadi negara pengirim jamaah haji dengan jumlah kuota terbesar di dunia. Kedua, Indonesia juga menjadi negara terbesar dan paling berpengaruh di kawasan Asia Tenggara.

Kondisi ini terbukti dari kunjungan bersejarah dan monumental Raja Salman bin Abdul Aziz al Saud dari Kerajaan Arab Saudi ke Indonesia pada Maret 2017 lalu. Mengapa monumental? Karena Raja Salman hadir di Indonesia dengan membawa rombongan dalam jumlah besar, yakni mencapai 1.500 orang.

Raja Salman bin Abdul Aziz al Saud juga tinggal selama 12 hari di Jakarta, Bogor dan Bali, Indonesia, sejak 1-12 Maret 2017. Bahkan Khadimul Haramain itu bertemu dengan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, berkunjung dan sholat di Masjid Negara Istiqlal, bertemu dengan tokoh lintas agama di Bali, serta berpidato di gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI.

Bagi para mahasiswa, dosen, dan peserta yang ingin hadir secara daring dalam acara ini, melalui aplikasi zoom cloud meeting, maka bisa mendaftar di laman bit/ly/middleeastinfocus. Para peserta juga akan mendapatkan sertifikat elektronik (e-certificate) jika mendaftar di formulir elektronik yang disediakan.(CJ/Muhammad Ibrahim Hamdani)

Komentar