oleh

Wisata Polowono Batang Destinasi Alam Kekinian

INILAHONLINE.COM, BATANG

Satu lagi objek wisata alam di Kabupaten Batang yang bisa jadi referensi kunjungan wisatawan. Adalah Wisata Alam Polowono, Desa Lobang, Kecamatan Limpung. Objek wisata kekinian dengan pemandangan alam yang membuat orang berdecak kagum.

Hamparan pemandangan menawarkan keindahan. Pepohonan hijau dan pegunungan bak lukisan, membuat siapa saja yang melihat tak akan jemu menikmati suasananya. Cocok untuk melepas penat serta rehat dari rutinitas. Selain pemandangan alami, pengelola yang merupakan karang taruna desa, juga menata agar lebih kekinian, di antaranya spot selfie jembatan gantung, wahana permainan, kafe, hammock untuk bersantai, dan masih banyak lagi.

“Tiket masuk resmi termasuk asuransi jiwanya per orang Rp5 ribu, dan untuk parkir sepeda motor Rp2 ribu, kalau mobil Rp5 ribu. Wisata ini buka mulai pukul 08.00-16.00 WIB, sedangkan untuk cafenya buka mulai dari pukul 13.00-22.00 WIB,” terang Kepala Desa Lobang Puji Irwanto, saat ditemui di Wisata Polowono, Desa Lobang, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, beberapa waktu lalu.

Dia menuturkan, ide awal membuka wisata Polowono berasal dari karangtaruna. Dengan potensi hutan pinus, yang biasanya dimanfaatkan untuk bahan baku industri kosmetik, minyak cat, dan campuran bahan pelarut, anak-anak muda ini bertekad menjadikan potensi desanya bisa lebih dari sekadar pemenuhan bahan baku industri getah pinus.

“Akhirnya, karang taruna mengalihfungsikan menjadi objek wisata, sehingga bermanfaat dan menambah perekonomian masyarakat Desa Lobang,” kata Puji.

Dia menjelaskan, pembangunan wisata Polowono dimulai sejak 2017. Namun, karena belum dikelola dengan baik, wisata itu tidak berkembang. Kemudian, pada 2020, pihaknya bersama-sama para pemuda bertekad membuka kembali wisata ini, karena menyadari wisata alam saat ini sedang digemari. Hal itu menambah semangat mereka untuk memulai lagi dari awal.

“Bersama dengan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Timur, kami melakukan kesepakatan bersama untuk mengelola wisata,” ungkap Puji.

Dia berharap wisata Polowono bisa berkembang agar bermanfaat untuk semua masyarakat Kabupaten Batang. “Saya juga ingin memajukan perekonomian Desa Lobang,” pungkasnya.(Haru CA)

Komentar