oleh

World Stamp Exhibition di Bandung Diikuti 60 Negara

InilahOnline.com (Bandung-Jabar) – Bertempat di Ballroom Trans Hotel Bandung, berlangsung pameran perangko tingkat dunia atau World Stamp Exhibition. Pameran dibuka hari ini, Kamis (3/8/2017) oleh Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Rudiantara.

Ketua Perkumpulan Filatelis Indonesia, Letjen (Purn) TNI Suryono mengatakan, pameran dan kompetisi filateli ini sengaja digelar di Bandung sebagai ibu kota Asia Afrika.

Suryono dalam sambutannya menyebutkan pameran ini merupakan tindak lanjut dari pameran tingkat Asia Pasifik yang pernah dilakukan tahun 1996 lalu.

“Awalnya hanya pameran ini tingkat Asia Pasifik, tapi banyak usulan sekaligus kan saja tingkat dunia, akhirnya kami selenggarakan tingkat dunia, dan Bandung tuan rumahnya,” katanya.

Ia mengatakan, kompetisi atau pameran ini sangat bergengsi karena diikuti 60 negara peserta. Selain itu akan dipamerkan sekitar 455 bahan pameran (exhibition) yang akan dipajang pada 1937 frame. Framenya pun didatangkan khusus dari Taiwan.

Sementara Dirut PT Pos, Gilarsi mengatakan, sampul hari pertama World Stamp Exhibition 2017 akan ditandatangani oleh para pejabat yang menghadiri acara pembukaan. Mereka yang membubuhkan tanda tangan antara lain Menkominfo, Rudiantara dan Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar serta Dirut PT Pos, Gilarsi.

“Penandatanganan sampul pos ini merupakan salah satu benda koleksi yang terbatas dan dikemudian hari akan dicari. Pos mendukung acara ini apalagi diikuti oleh 60 negara delegasi,” ujarnya.

Menurutnya prangko sebagai salah satu benda pos juga menjadi media yang sarat pendidikan.

“Kami harap masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda dapat memanfaatkan prangko untuk mengasah pengetahuannya dan koleksi untuk dimasa nanti,” ujar Gilarsi.

Selain memamerkan produk filatelis seperti perangko atau kartu pos, juga akan ada kegiatan transaksi para pecinta filatelis. (Hilda)

Komentar