Yonif 315 Garuda Bogor Kirim 450 Prajurit Jaga Perbatasan RI-PNG

22/11/2017 21:04:44 Kategori: ,

InilahOnline.com (Kota Bogor) - Dalam rangka operasi penugasan pengamanan perbatasan Republik Indonesia dan Papua Nugini,Yonif 315 Garuda Bogor mengirimkan 450 prajurit yang tergabung dalam Satuan Petugas Pengawas Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 315/Grd Tahun 2017. Mereka akan bertugas selama 10 bulan kedepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Danrem 061/Suryakancana Kolonel Inf. Mirza Agus mengatakan, tradisi pemberangkatan Satgas Pamtas Yonif 315/Grd 2017 ini dalam rangka operasi penugasan pengamanan perbatasan Republik Indonesia dan Papua Nugini. Tugas ini merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi seluruh prajurit Yonif 315 Garuda.

“Tugas ini merupakan wujud dharma bhakti TNI kepada rakyat, bangsa dan negara yang kita cintai. Oleh karena itu, kepercayaan yang sudah diberikan negara ini harus dipertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya dan penuh semangat dengan dilandasi disiplin yang tinggi,” kata Danrem 061/Suryakancana saat memimpin tradisi pemberangkatan Satgas Pamtas Yonif 315/Grd 2017 di Lapangan Garuda Yonif 315/Grd, jalan raya Gunung Batu, kota Bogor, Selasa (21/11/2017).

Perkembangan situasi di Papua khususnya diharapkan selalu kondusif dan potensi kerawanan disana dapat dieliminir oleh petugas yang ditugaskan diperbatasan. “Jangan sampai terjadi kelengahan, amankan perbatasan, cegah tindakan ilegal dan lainnya. Saya harapkan prajurit dapat melakukan tugas dengan baik,” harap Kolonel Inf. Mirza Agus.

Ia menyebut, ada 5 perwira TNI yang memimpin operasi gabungan pembebasan sandera di Tembagapura, Timika, Papua belum lama ini yang menolak kenaikan pangkat. Padahal, mereka dinilai berhasil memimpin operasi skala besar. “Untuk itu keberhasilan dalam bertugas adalah milik anak buah dan sebuah kegagalan adalah tanggung jawab perwira. Saya minta 5 perwira ini menjadi teladan bagi kita semua,” jelasnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya yang hadir menuturkan, Batalyon Infanteri 315 Garuda selama ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam setiap keseharian warga Bogor. Banyak sekali kontribusi dan dedikasi Batalyon Infanteri 315 Garuda dalam setiap perkembangan di kota Bogor.

“Atas nama Pemerintah Kota Bogor dan warga Bogor saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya atas setiap kontribusi dan dedikasinya,” ujarnya.

Hari ini kata Bima semua secara bersama-sama melepas pemberangkatan Satgas Pamtas Yonif 315/Grd yang menjadi kebanggaan kota Bogor untuk mengemban tugas yang sangat mulia, yakni menjaga perbatasan Republik Indonesia dan Papua Nugini.

“Doa akan selalu menyertai setiap langkah dan ikhtiar dari seluruh anggota yang bertugas. Insya Allah saya dan jajaran akan menjaga keluarga yang ditinggalkan bertugas, semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita semua,” pungkasnya. (Agha)