oleh

Zest Hotel Bogor by Swiss-Belhotel International Gelar Training Damkar

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Ditengah Pandemic Covid-19, Zest Hotel Bogor by Swiss-Belhotel International tetap melakukan training Pemadam Kebakaran untuk menunjang program kerja K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). Kegiatan tahunan ini adalah pelatihan DAMKAR bagi para karyawan-karyawannya, sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran.

Pelatihan ini merupakan bagian kegiatan rutinitas tahunan kami untuk selalu memberikan rasa aman kepada tamu-tamu kami dan bagi Karyawan-karyawan kami serta warga sekitar dilingkungan Zest Hotel Bogor. Kegiatan ini melibatkan seluruh Karyawan baik bagian operasional maupun non operasional dan sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, kami juga mengajak tamu-tamu kami menuju Titik Kumpul menggunakan tangga darurat.

Sebelum dilaksanakan Pelatihan, terlebih dahulu seluruh Karyawan dibekali materi tentang cara-cara menangani terjadinya Kebakaran oleh Bapak Budi Rochmat selaku Duty Engineer Zest Hotel Bogor untuk memupuk keterampilan para Security maupun Karyawan Zest Hotel Bogor dalam hal pengetahuan untuk mengantisipasi DAMKAR, maka perlu dilakukan kegiatan training secara berkala sehingga saat menghadapi kejadian yang sebenarnya dapat mengambil langkah dan tindakan yang tepat sesuai prosedur hukum dan aturan yang berlaku.

Dendi Basuworo selaku Hotel Manager Zest Hotel Bogor menjelaskan, pelatihan kegiatan training ini sangat penting selain memberikan pengetahuan kepada seluruh Karyawan juga untuk meningkatkan kemampuan dan rasa percaya diri saat menghadapi situasi darurat dan baginya bukan hal yang tabu semasa dirinya bekerja di Kapal Pesiar pelatihan seperti ini dilakukan setiap minggu hingga karyawan-karyawan terampil dalam menghadapi Kebakaran.
“Tahun ini sedikit berbeda, kami mengajak para tamu-tamu kami untuk mengikuti pelatihan ini dengan mengevakuasi tamu-tamu kami, mengarahkan tamu-tamu kami menuju pintu darurat, menggunakan tangga menuju Titik Kumpul yang terletak diparkir area lobby kami,” ujar Dendi.

“Disaat kondisi seperti ini kami juga menghimbau tamu-tamu kami agar tidak panik dan tidak menggunakan lift pada saat fire alarm berbunyi, namun Zest Hotel Bogor sudah sangat baik sistem keamanannya dikarnakan perawatan yang berkala dan semua alat-alat berfungsi dengan baik seperti: Lift akan turun ke basement dan pintu akan terbuka secara otomatis ketika Fire Alarm berbunyi, Pergantian APAR 1 tahun sekali, pengecekan hydrant secara berkala dan lain-lain,” sambungnya.

Dengan adanya pelatihan kegiatan ini, pihaknya ingin meningkatkan kesadaran serta keterampilan security dan karyawan akan penanganan bencana Kebakaran dan memastikan bahwa keselamatan tamu dan karyawan merupakan hal yang sangat penting. Bahaya Kebakaran tidak mengenal Covid-19. Oleh karna itu keterampilan dan pengecekan sistem keamanan harus dipastikan benar-benar berfungsi dengan baik.

Ia menambahkan, Zest Hotel Bogor managed by Swiss-Belhotel International sudah jelas menjunjung tinggi nilai-nilai K3 dengan memiliki hydran disetiap lantai koridor, APAR, detector asap, detector panas dan setiap kamar dilengkapi dengan water sprinkle sesuai dengan standard Swiss-Belhotel International. “Selain itu dimasa Pandemic Covid-19 ini, Kami sangat memperhatikan protokol kesehatan kami dengan berlandaskan 10 Komitmen Swiss-Belhotel International dan Safe Travel dari World Travel & Tourism Council dan tahun ini kami mendapatkan penghargaan dari Tripadvisor Traveler’s Choice 2020 sebagai Best Of the Best Hotel 2020.” pungkasnya. (ian Lukito)

Komentar