20 Ormas Ikuti Kegiatan Pemberdayaan Ormas Tingkat Kota Bogor

17/04/2018 20:17:57 Kategori:

INILAHONLINE.COM, BOGOR - Sebanyak 20 Organisasi Masyarakat (Ormas) hadir dalam kegiatan Pemberdayaan Ormas Tingkat Kota Bogor di Gedung Bale Seda Kencana, Jalan Ir. Juanda, Kota Bogor, Selasa (17/04/2018). Kegiatan pembinaan rutin Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bogor ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan keberlangsungan ormas.

“Ormas di Kota Bogor yang terdaftar di Kesbangpol ada 103 dan yang aktif ada 70 persen,” ujar Plt. Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat (Ekbangkesra) Setda Kota Bogor, Iman.

Iman mengatakan, perkembangan ormas baik lokal maupun nasional eksistensinya sudah dijamin UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Masyarakat. Tak ayal, ormas sebagai mitra Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor perlu untuk terus diingatkan agar ormas ini dapat membantu program pemerintah.

“Mereka kan bisa ikut mengawasi, menginformasikan atau menjembatani setiap aspirasi masyarakat kepada Wali Kota sebagai kepala daerah,” katanya.

Ia menuturkan, pembinaan ini juga sebagai penguatan kapasitas kelembagaan,kaderisasi kepemimpinan, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan peningkatan peran serta ormas dalam pembangunan di Kota Bogor. Ia juga bersyukur Ormas yang ada di Kota Bogor semuanya kondusif dan dapat diarahkan.

“Saya berharap dengan adanya ormas di Kota Bogor selalu kondusif, aman, tentram sehingga masyarakat Kota Bogor juga merasa nyaman dalam melakukan segala aktivitasnya,” harapnya. (ian Lukito)