oleh

50 Personel Sespripim Polda Metro Jaya Tingkatkan Kemampuan Pengamanan VIP/VVIP

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Puluhan personel dalam jajaran staf pribadi pimpinan (Sespripim) Polda Metro Jaya mengikuti pelatihan di Pusat Latihan Brimob, Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan dari anggota sebagai pengaman VVIP.

Koorspripim Kapolda Metro Jaya, AKBP Reynold Hutagalung mengatakan, diikuti oleh 50 personel yang dibagi menjadi dua gelombang. Untuk pertama telah dilaksanakan pada 17-19 Desember lalu. Sementara yang kedua dari 20-22 Desember.

“Kami menggunakan instruktur latihan VVIP protection sebanyak 10 orang. Mereka berasal dari Pusat Latihan Anti Teror dengan Kepala Tim, AKP I Gusti Agung Made Ari Herawan,” ujarnya, Jumat (21/12).

Materi yang disampaikan pada hari pertama antara lain sikap dasar menembak, menembak reaksi, menembak holster to holster dan teori VVIP Protection. “Kami juga melatih peserta dengan praktik formasi agen pengawal. Yakni mereka sambil berjalan dengan gangguan dan respon penembakan menggunakan senjata maupun peluru simunisi,” ungkap mantan Kanit Reskrim Polsek Senen ini.

Sementara latihan pada hari kedua melatih soal formasi masuk dan keluar lift. Lalu naik turun ekskalator hingga di mimbar terbuka maupun terbuka dengan potensi gangguan keamanan. “Kami juga melatih formasi agen dengan gangguan dan respon terhadap gangguan dengan menggunakan senjata dan peluru simunisi,” ucapnya.

Anggota juga dilatih bagaimanan pengamanan VVIP di dalam mobil, hingga ditempat meningkatkan resppon mereka terhadap gangguan dengan menggunakan senjata dan peluru simunisi.

“Mereka mengerti dan mampu mempraktikkan pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan menembak reaksi cepat. Namun perlu diperhalus kembali dengan melaksanakan latihan rutin. Harapannya mereka mampu mempraktikkan teknik pengawalan dan pengamanan VIP/VVIP,” tandasnya.

(Badar)

Komentar