oleh

Babinsa Sabaru Ingatkan Masyarakat Untuk Tetap Waspada Bahaya Perubahan Iklim

INILAHONLINE.COM, PALANGKA RAYA – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sabaru mengingatkan dan menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada akan bahaya perubahan iklim.

adalah salah satu kekuatan Kodam (Komando Daerah Militer) yang dinaungi secara berturut-turut oleh Komando Rayon Militer (Koramil), Komando Distrik Militer (Kodim), dan Komando Resort Militer (Korem).

Babinsa Kelurahan Sabaru Peltu Didik Kristiawan bersama Lurah Sabaru Achmad Djunaidi mengimbau masyarakat setempat untuk waspada terhadap perubahan iklim, masyarakat harus mewaspadai ada kebakaran lahan dan hutan (Karhutla).

Sambil ditemani anggota Masyarakat Peduli Api (MPA), Peltu Didik dan Kepala Desa (Kades) Achmad Djunaidi menyambangi warga Kelurahan Sabaru, dari rumah ke rumah untuk memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan.

“Masyarakat perlu mewaspadainya potensi-potensi akan terjadinya Karhutla di beberapa wilayah rawan, saat musim kemarau,” ujar Peltu Didik.

Sementara itu, Kepala Desa Sabaru Achmad Djubaidi juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan untuk membuka lahan. “Jangan membakar lahan. Akan sangat berbahaya jika masyarakat membuka lahan dengan cara dibakar. Karena pada lahan gambut api akan sulit untuk dipadamkan,” tuturnya.

Masih kata Achmad Djunaidi ,, guna mengantisipasi perubahan iklim dan potensi terjadinya Karhutla, pihaknya telah mempersiapkan dan mengecek kesiapan kendaraan roda tiga, jika sewaktu waktu diperlukan.

“Kami selalu siaga jika suatu saat terjadi kebakaran hutan dan lahan. Untuk itu, kami menyiapkan sepeda motor jika terjadi kebakaran,” imbuhnya. (Pendim 1016/Plk)

Komentar