Bima Arya Cek Proses Normalisasi Saluran Air Menuju Jembatan Otista

Berita, Megapolitan73 Dilihat

INILAHONLINE.COM, BOGOR — Wali Kota Bogor, Bima Arya kembali melakukan pengecekan lapangan proses normalisasi saluran air menuju Jembatan Otista di Jalan Otto Iskandardinata, Minggu (31/12/2023) lalu.

Sebelumnya, pasca adanya laporan genangan air di sayap Jembatan Otista, pada Sabtu (30/12) sore, Bima Arya turun langsung untuk melakukan pengecekan lapangan terkait penyebab adanya genangan air dan meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor segera melakukan perbaikan.

Didampingi Sekretaris Dinas PUPR Kota Bogor, Muhamad Hutri, Bima Arya kembali melakukan tinjauan lapangan dengan berjalan kaki dari arah Simpang Jalan Bangka hingga Jalan Roda untuk cek proses normalisasi saluran air.

Bima Arya melihat beberapa titik sumbatan yang terjadi di titik tangkapan air di jalan roda yang saat ini sudah dinormalisasi oleh PUPR.

Sekretaris Dinas PUPR Kota Bogor, Muhamad Hutri mengatakan, normalisasi dilakukan oleh PUPR dan pihak kontraktor.

“Hari ini dalam rangka menunjang kelancaran limpasan air yang menuju Jembatan Otista yang dicek langsung oleh pak wali. Pertama kita lakukan normalisasi saluran di sepanjang Jalan Roda untuk bisa memaksimalkan tangkapan air agar tidak menjadi limpasan atau Run Off ke jalan Otista,” katanya.

Setelah itu, PUPR bersama kontraktor juga mengganti tutup saluran air menggunakan grill besi 80 × 80 centimeter pada segmen kanan Jembatan Otista dalam rangka normalisasi tangkapan air menuju Jembatan Otista.

“Jadi satu grill dipasang oleh PUPR dan dua oleh kontraktor, kemudian kita juga melakukan boring pada segmen plat duiker pada sisi atas Jembatan Otista dengan diameter dua sampai tiga inc untuk juga menambah tangkapan dari air limpasan,” ujarnya.

Hutri menambahkan, kondisi saluran air di bawah jembatan dalam kondisi baik dan normal karena memang merupakan saluran baru.

Dari analisis awal saat terjadi genangan air kemarin, kondisi hujan cukup lebat ditambah titik tangkapan air di Jalan Roda tersumbat oleh timbunan sampah yang menyebabkan seluruh limpasan air mengalir ke Jembatan Otista.

“Tadi pagi semua titik tangkapan air yang tertutup timbunan sampah sudan kita normalisasi oleh tim, kemudian di jembatan Otista ini pun akan dimaksimalkan tangkapan airnya, Insya Allah hari ini selesai,” katanya.

Ia berharap dengan normalisasi ini titik tangkapan air bisa efektif sehingga tidak lagi terjadi genangan. (ian Lukito)

banner 521x10

Komentar