oleh

Bupati Bogor dorong Kec. Cibinong menjadi kota UMKM

Cibinong- Bupati Bogor, Nurhayanti mencanangkan dan mendorong agar Kecamatan Cibinong menjadi Kota Usaha Mikro Kecil Menengah( UMKM ). Sebagaimana wilayah yang berbatasan dengan Ibukota Negara, Provinsi DKI Jakarta, potensi UMKM harus terus didorong agar terus maju.

Hal tersebut dikatakan Bupati Bogor saat melakukan minggon keliling di Kecamatan Cibinong, rabu (16/11).

Bupati Bogor menilai, potensi UMKM dapat meningkatkan daya beli masyarakat, maka Pemerintah Kabupaten Bogor akan fokus pembinaannya dari hulu dan hilirnya bagaimana para pelaku UMKM diberikan pelatihan bahkan permodalan agar usaha mereka dapat berkembang dan bersaing dengan produk-produk dari luar Kabupaten Bogor.

“Kepada kepala Diskoperindag inventarisir mana saja UMKM yang memerlukan bantuan baik permodalan dan juga, UMKM pun dapat bertahan dalam kondisi apapun walaupun dollar terus naik, akan tetapi UMKM tetap bertahan,”ungkapnya.

Bupati berpesan kepada Camat Cibinong untuk mencarikan lahan untuk dijadikan pusat UMKM di Kecamatan Cibinong, sehingga para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Bogor tidak sulit untuk mencari tempat berbelanja produk-produk UMKM bila perlu Camat meminta tempat disetiap mall yang ada di Cibinong agar memberikan tempat kepada para UMKM Kabupaten Bogor untuk menampilkan hasil produknya.

“Lakukan komunikasi kepada para pihak swasta baik pengusaha mall dan perbankan agar usaha mereka jauh lebih maju dan hasil produknya bisa di pamerkan sehingga bisa dibeli oleh masyarakat,”tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Ruhendi berjanji sebagai wakil rakyat berjanji akan memperjuangkan para pelaku UMKM agar bisa lebih sejahtera. Namun produk yang dihasilkan oleh UMKM pun harus siap bersaing dipasaran dan Pemkab Bogor telah mempunyai program guna meningkatkan mutu dari produk UMKM tersebut.

“Kami diparlemen akan selalu mendorong masyarakat pelaku UMKM untuk bisa lebih maju dan sejahtera,”katanya.

Sementara itu, Camat Cibinong Bambang Tawekal juga menambahkan bahwa mencanangkan Cibinong sebagai Kota UMKM demi mengimbangi aneka program Pemerintah Kabupaten Bogor ada beberapa macam UMKM dengan berbagai komiditinya akan dimaksimalkan potensinya demi meningkatkan perekonomian rakyat.

“Potensi UMKM di Kecamatan Cibinong akan jadi pionir dan garda terdepan dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat,”tandasnya. (Fir/Diskominfo)

banner 521x10

Komentar