Calon Gubernur Jateng Sudirman Said Pada Acara Ultah Ke-55 Gelar Aksi Donor Darah

16/04/2018 22:30:25 Kategori: ,

INILAHONLINE.COM, SEMARANG - Memperingati hari lahir ke-55, yang jatuh pada 16 April 2018, Calon Gubernur (Cagub) Jateng, Sudirman Said menggelar aksi donor darah di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Semarang, Senin (16/4/2018).

Sebanyak 75 orang relawan Paslon Sudirman Said – Ida Fauziyah ikut berpartisipasi dalam aksi sosial kemanusiaan itu.

Bahkan sebelum melaksanakan donor darah, keluarga dan relawan memberikan ucapan selamat dan memberikan bunga mawar kepada Sudirman disertai menyanyikan lagu selamat ulang tahun di ruang tunggu PMI Kota Semarang yang dipenuhi relawan.

“Hari lahir adalah hari kita menjadi manusia seutuhnya. Bersyukur 55 tahun sudah saya jalani, bermohon ke hadirat Allah agar usia yang tersisa memberi manfaat bagi sebanyak-banyaknya kepada masyarakat,” ujarnya Sudirman.

Selain itu, lanjutnya, biasanya di bulan Ramadhan jumlah pendonor turun drastis sehingga PMI kekurangan stok darah, sehingga dengan mengajak para relawan untuk mendonorkan darahnya untuk membantu PMI menyediakan darah untuk masyarakat yang membutuhkan di bulan Ramadhan.

“Biasanya karena takut makin lemas, banyak dari mereka yang berpuasa takut mendonorkan darahnya, mengingat sebelum puasa tiba, PMI perlu dibantu mencukupi stok untuk kebutuhan di bulan Ramadhan,” tuturnya.

Setiap harinya PMI Kota Semarang membutuhkan 350 kantong darah. Jumlah ini dipenuhi dari sejumlah UTD di tingkat Kecamatan. Sedang di UTD PMI Kota Semarang sendiri setiap harinya ada 100 pendonor yang mendonorkan darahnya.

Sudirman juga megajak generasi muda, generasi milineal untuk ikut peduli sesama dengan aksi donor darah. Selama ini anggapannya donor darah hanya untuk orang dewasa, padahal, jelas dia, remaja dan anak muda juga bisa.

“Donor darah adalah kegiatan yang baik dan menyehatkan. Dengan donor darah sirkulasi darah menjadi bagus. Jadi generasi milineal jangan ragu mendonorkan darahnya. Dengan donor darah banyak orang juga bisa terbantu,” ujar Cagub Jateng nomor urut 2 yang diusung partai koalisi Gerindra, PKB, PAN dan PKS. (Suparman)