oleh

Damainya Indonesiaku, Kapolri Hadiri Dakwah Ustadz Abdul Somad di Masjid Az-Zikra Babakan Madang

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menghadiri dakwah dan tausiah Ustadz Abdul Somad yang berlangsung di Masjid Az Zikra, Desa Cipambuan, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Minggu (4/3/2018).

Mengenakan baju koko putih dan bersorban serta berpeci putih, Jendral Pol Tito Karnavian duduk berdekatan dengan Ustadz Abdul Somad, didampingi Ustadz Arifin Ilham yang menjadi pemimpin majelis dzikir Az Zikra, Kapolres Bogor AKBP Andi Moch Dicky, Kabag Ren Polres Bogor Kompol Suwarta dan sejumlah ulama lainnya.

Selain mendengarkan ceramah, Tito Karnavian bertanya kepada para ulama cara mencegah perpecahan antarumat beragama.

Menurut Kapolri, ada beberapa negara seperti Syiria, Afganistan, Pakistan, Yaman, yang tengah bergejolak. Konflik yang terjadi antarumat Islam. Begitu pun Indonesia memiliki penduduk yang besar, muslimnya juga banyak.

“Apakah kemungkinan konflik seperti di Syiria, Afganistan itu bisa terjadi di Indonesia, bagaimana kita bisa mencegahnya, bagaimana kira-kira khususnya, Kepolisian dapat mencegah itu,” tanya Kapolri.
Ustadz Abdul Somad menjawab, apa pun bisa saja terjadi, oleh karena itu Alquran mewajibkan melakukan tabayyun atau klarifikasi.

“Kalau datang orang bawa satu berita, klarifikasi, oleh sebab itu yang membuat kita selalu tidak baik adalah dari komunikasi yang tidak baik,” kata Ustadz Abdul Somad.

Menurutnya, setiap ada percikan api harus segera dipadamkan jangan sampai seperti bom waktu yang siap meledak atau jangan seperti api dalam sekam.

“Alhamdulillah kita bisa duduk bersama, jika ada percikan maka cepat diselesaikan. Salah satu yang kita lakukan adalah tabbayun,” tuturnya.

Ustadz Somad juga mengingatkan pada umat muslim agar selalu melakukan tabayyun dalam menerima informasi dan tidak menyebarkan berita hoax.

“Jangan suka menyebarkan berita hoax, orang yang suka menyebarkan hoax walaupun amalnya baik, nanti dia akan masuk dalam surga, surganya juga hoax,” kata Ustadz Somad yang disambut dengan tawa para jamaah Masjid Az Zikra.

Kegiatan dakwah dan tausyiah dalam acara yang bertajuk “Damai Indonesiaku” yang dihadiri oleh 7000 jemaah yang berasal dari Jabodetabek, Batam, Pekanbaru, Kalimantan dan Tegal, dengan MC M. Agung Izzulhaq dari TVone yang mengambil tema “Hidup Bahagia dalam Sunah Rasulullah” berlangsung pukul 13.00 WIB. (Basir)

Komentar