Ganjar Janji akan Realisasikan Pengadaan Pompa Air untuk Desa Sayung

22/02/2018 18:19:50 Kategori: ,

INILAHONLINE.COM, DEMAK - Calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau bencana banjir di Desa Sayung, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Kamis (22/2/2018). Ganjar menyetujui usulan warga untuk pengadaan pompa air karena lokasi pemukiman berada di tanah cekungan.

Tinjauan dilakukan Ganjar dengan naik perahu karet. Nampak seluruh desa terendam air setinggi perut orang dewasa. Sejumlah fasilitas desa praktis tidak berfungsi. Kegiatan belajar sebagian siswa Sekolah Dasar (SD) Sayung 1 bahkan harus dipindahkan ke Kantor Desa Sayung.

Sembari berkeliking, Ganjar menelepon pimpinan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana. Ia menyampaikan usulan warga soal pengadaan pompa air agar air dapat segera surut.

Pompa air yang diusulkan warga sebanyak empat unit. Satu unitnya seharga Rp450 juta.

"Banjir di sini rutin, tiap tahun, maka pompa air itu realistis. Dari BBWS katanya sudah diusulkan, maka tugas saya menguatkan itu. Mungkin kalau pompa air bisa saya carikan dana CSR,"katanya.

Selain itu BBWS juga sudah merencanakan normalisasi sungai, namun belum kunjung terealisasi. "Desain normalisasi sudah ada, saya akan segera menanyakan kembali kapan realisasinya," katanya.

Usai peninjauan, Ganjar menyerahkan 200 paket sembako kepada warga korban banjir. Bantuan langsung diserahkan kepada kepala desa setempat. (Suparman)