Gubernur Jateng, Siap Menyetujui Anggaran Tambahan DPRD Rp18 Miliar

Daerah332 Dilihat

InilahOnline.com (Semarang-Jateng) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengisyaratkan bakal menyetujui tambahan penghasilan anggota DPRD, yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.18 tahun 2017. Dalam kaitan ini Pemprov Jateng telah menyiapkan anggaran Rp 18 miliar dalam APBD Perubahan 2017 untuk kenaikan pendapatan 100 anggota DPRD Jawa Tengah.

”Pencairan anggaran berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) dan akan dilakukan apraisal terhadap usulan kenaikan pendapatan. Jadi kalau anggaran sudah tak siapin, begitu apraisal selesai sudah tak siapin. Ada tambahan di APBD Perubahan sebesar Rp 18 miliar,” kata Ganjar kepada wartawan di Semarang, Selasa (26/9/2017) lalu.

Menurut Ganjar, pihaknya saat ini masih menunggu hasil dari appraisal yang dilakukan Sekretariat DPRD Jateng. Namun perihal realisasi anggaran yang akan dicairkan, juga masih menunggu appraisal itu.

”Hanya saya tidak tahu detailnya berapa besarnya usulan kenaikan anggaran per itemnya,” paparnya.

Dijelaskan, tambahan pendapatan anggota dewan harus diukucurkan karena sudah menjadi amanat PP Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD.

”Kalau PP itu berat atau ringan harus dilaksanakan. Tetapi saya tidak menghitung berat ringan lagi, kalau sudah aturan apalagi selevel PP, ya harus kita laksanakan,”ujarnya.

Peraturan ini,menurut dia, sebenarnya sama dengan saat aturan pengelolaan SMA/SMK diserahkan ke Provinsi. ”Saya nggak boleh bicara berat menggaji para guru. Pokoknya tinggal dilaksanakan, tinggal ngatur, pasti ada (anggaran) yang dikurangi dari yang lain,”katanya.(Suparman)

banner 521x10

Komentar