oleh

Inilah, Kebijakan Pemkot Bogor Yang Wajib Dipatuhi

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Menurut rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan memberlakukan langka-langkah dengan mengambil kebijakan pembatasan kendaraan berdasarkan tanggal dan nomor polisi kendaraan. Hal ini untuk menekan laju penularan Covid-19 di wilayah Kota Bogor.

Penerapan ganjil-genap yanag akan diberlakukan di sejumlah ruas jalan Kota Bogor berlangsung selama selama 14 hari ke depan untuk mengurangi mengurangi mobilitas (pergerakan-red) kendaraan dan orang,  mengingat kasus Covid-19  di wilayah Kota Bogor.

“Prinsipnya kami ingin mengurangi setengah pada mobilitas kendaraan dan orang di Kota Bogor. Sehingga diharapkan, agar  masyarakat mendukung kebijakan Pemkot Bogor, karena semua ini demi masyarakat,” ujar Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Kamis (4/2/2021).

Menurut Susatyo, pemberlakuan sistem ganjil genap ditujukan untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun denikian, sistem tersebut dikecualikan untuk angkutan umum, ambulans, mobil pelayanan sosial, mobil pembawa sembako, serta kendaraan loading barang pasar.

Kapolres Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro memberikan keterangan pers kepada awak media

Untuk memaksimalkan pemberlakukan ganjil-genap, Polresta Bogor Kota bersama TNI, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP Kota Bogor juga akan mendirikan check point. Keberadaan check point itu juga akan memutarbalikan paksa bagi kendaraan dari luar Kota Bogor yang tidak sesuai dengan ketentuan ganjil-genap

“Jadi saya ingatkan bagai warga yang dari luar Kota Bogor, jika masuk ke Kota Bogor, maka akan kita putarbalikkan paksa apabila tidak sesuai dengan ketentuannya,” ujar mantan Direskrim Narkob Polda Banten itu.

Ditempat yang sama, Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengatakan, kebijakan ganjil-genap di Kota Bogor diberlakukan pada hari  Jumat, Sabtu, dan Minggu selama 14 hari ke depan dan tidak menutup kemungkinan kebiajakan pemberlakuakn ganjil genap ini akan diperpanjang masa pemberlakuannya.

Walikota Bogor Bima Arya bersama Kapolresta dan Dandim Kota Bogor

“Kami Forkopimda Kota Bogor sepakat, Pemkot Bogor khususnya bersama Kapolresta, dan Dandim Kota Bogor menyutuji dan mendukung diberlakukan kebijakan ganjil-genap di Kota Bogor, yaitu pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu selama 14 hari ke depan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bima Arya menjelaskan, bahwa pemberlakuan sistem ganjil-genap ini memerlukan proses sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat, agar dapat diketahui oleh masyarakat, khusunya warga Kota Bogor. Terlebih, menurut rencana sistim ganjil genap akan diberlakukan di seluruh wilayah Kota Bogor.

“Hari Sabtu dan Minggu besok kami akan melakukan sosialisasi, agar seluruh mobil bisa mematuhi ini. Aparatur wilayah seperti TNI-Polri, Dishub, dan Satpol PP akan mengerahkan sumber daya semaksimal mungkin. Sebab, penerapan sistem ganjil-genap ini menurutnya memerlukan konsentrasi dan pengawasan yang luar biasa,” pungkasnya. (Piya Hadi)

Komentar