Inilah yang Bikin Istri Calon Wakil Gubernur Jateng Kagum dengan sosok Kartini

17/04/2018 12:04:20 Kategori: ,

INILAHONLINE.COM, SEMARANG - Jelang peringatan Hari Kartini pada 21 April mendatang, Ning Nawal Nur Arafah mendadak teringat sosok tokoh emansipasi wanita tersebut. Ketika berkumpul dengan Gus Yasin di Jl Sumbing no 1, kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, ia mengaku kagum dengan sosok Kartini.

Bagi istri Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah itu, sosok Kartini bukan hanya tokoh pemberdayaan dan pendidikan bagi kaum perempuan saja.

"Yang lebih saya garis bawahi adalah sosok Kartini yang mau mengaji di KH Sholeh Darat pada masanya," kata ibu dari tiga anak tersebut, Selasa (17/4/2018).

Hal itu terbukti di museum RA Kartini di Kabupaten Rembang. Salah satu peninggalannya adalah manuskrip tafsir karya KH Sholeh Darat.

Apa artinya? Nawal mengungkapkan hal itu menunjukkan RA Kartini bukan hanya menekankan pada pendidikan intelektual saja.

"Beliau juga mengajarkan bahwa pendidikan juga harus disertai dengan nilai-nilai religius serta spiritual," kata Ning Nawal.

Berbicara Hari Kartini, ia juga punya sosok idola lain yaitu istri pertama Nabi Muhammad SAW, Siti Khodijah. Baginya, sosok Siti Khodijah mengagumkan karena menjadi pendamping saat Rasulullah mendapat wahyu kenabiannya untuk pertama kalinya.

Bahkan, setelah Siti Khodijah wafat pun, Nabi Muhammad SAW selalu memberi prioritas. Setiap kali memberi nafkah keluarga, Nabi Muhamamd SAW mengutamakan kerabat Siti Khodijah terlebih dahulu.

Gus Yasin, yang mendengar hal itu dari istrinya hanya tersenyum simpul. Ia setuju dengan pendapat sang istri. (Suparman)