oleh

KAI DAOPS IV Semarang Tertibkan Secara Paksa Terhadap Aset Berupa Rumah yang Disalahgunakan

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang, kembali melakukan penertiban 4 aset berupa Rumah Perusahaan yang berada di wilayah Kota Semarang.

Aset-aset tersebut terletak di Kelurahan Randusari Kecamatan Semarang Selatan di Jalan Veteran Nomor 6, Jalan Kedungjati Nomor 2, 3, dan 4 Semarang.

Manajer Humas PT KAI Daop IV Semarang Kribiyantoro mengatakan , penertiban aset Rumah Dinas Perusahaan yang dilakukan itu, sebagai upaya langkah KAI Daop 4 Semarang untuk mengamankan aset-aset negara agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

”Upaya itu dilakukan berdasarkan surat edaran dari Menteri BUMN Nomor SE- 09/MBU/2008 perihal Tugas dan Wewenang Perusahaan BUMN Untuk Mengurus Aset Perusahaan serta surat dari Komisi Pemberantasan Korupsi Nomor R-4002/10-12/09/2014 perihal Tindak Lanjut Penertiban Barang Milik Negara di Lingkungan PT KAI,”tuturnya.

Menurutnya, sebelum penertiban dilakukan, PT KAI (Persero) Daop 4 Semarang dengan memberikan Surat Peringatan 1 hingga Surat Peringatan 3 kepada pihak yang menyalahgunakan aset Rumah Perusahaan untuk mengosongkan Rumah Perusahaan yang telah ditempati.

”Jika batasan waktu yang ditentukan, penghuni Rumah Perusahaan tersebut tidak segera mengosongkan rumah yang ditempati, sehingga langkah yang ditempuh adalah dengan melakukan penertiban secara paksa,”ujarnya.

Dalam proses penertiban KAI menerjunkan ratusan personil dari Pegawai PT KAI (Persero) Daop 4 dengan dibantu aparat TNI dan Polri serta Tim Lawyer yang ditunjuk PT KAI (Persero) dalam menuntaskan proses hukum.

“Aset-aset Rumah Perusahaan yang ditertibkan dimiliki PT KAI (Persero) sah dan legal secara hukum berdasarkan Sertifikat Hak Pakai No. 5 Tahun 1988,” ujarnya dalam siara pers, Rabu (28/8/2019).

Luasan dari aset Rumah Perusahaan yang ditertibkan itu teridiri Rumah Perusahaan yang terletak di Jalan Veteran Nomor 6, memiliki luas bangunan 90 m2 dengan

luas tanah 478 m2, Rumah Perusahaan yang terletak di Jalan Kedungjati Nomor 2, memiliki luas bangunan 214 m2 dengan luas tanah 550 m2, Rumah Perusahaan yang terletak di Jalan Kedungjati Nomor 3, memiliki luas bangunan 118 m2 dengan

luas tanah 912 m2 dan Rumah Perusahaan yang terletak di Jalan Kedungjati Nomor 4 memiliki luas bangunan 160 m2 dengan luas tanah 569 m2.

Kribiyantoro menuturkan setalah dilakukan penertiban, KAI Daop 4 akan memanfaatkan aset-aset Rumah Perusahaan tersebut untuk disewakan kepada seluruh pihak yang berminat dengan melalui prosedur sewa menyewa yang sudah ditentukan.

(Suparman)

Komentar