oleh

Kembangkan Pelabuhan Kendal, Pelindo III Siap Gelontorkan Rp6 Triliun

InilahOnline.com (Kendal-Jateng) – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III siap mengembangkan pelabuhan niaga yang dimiliki Kabupaten Kendal, menjadi pelabuhan yang sejajar dengan pelabuhan lainnya, yakni menjadi pelabuhan berskala internasional. Dalam waktu dekat ini PT (Pelabuhan Indoensia) Pelindo III siap mewujudakannya.

”Dalam waktu dekat ini Pelindo III siap mewujudkannya dengan menggelontorkan sebesar RP 6 Triliun, untuk diinvestasikan dalam pengembangan pelabuhan Kendal menjadi pelabuhan taraf Internasional,”ujar Direktur utama Pelindo III, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra dalam penandatanganan kerjasama dengan Pemkab Kendal, Kamis (28/12/2017).

Menurut dia, dalam pengembangan ini tak hanya pelindo saja yang akan ikut mengembangkan pelabuhan Kendal menjadi pelanbuhanm internasional. BUMN lainnya juga akan bersinergi dalam pembangunan pelabuhan Kendal itu.

”Pada tahun pertama (2018) kami akan investasi pembangunan senilai 3,8 triliun dan pada tahun berikutnya kami akan investasi sisanya,”paparnnya.

Ia mengatakan, pada tahap pertama pembangunan akan difokuskan untuk pembangunan infrastruktur pelabuhan niaga. Pembangunan tersebut meliputi pembangunan infrastruktur gedung, jalan, dan dermaga.

”Untuk pembangunan selanjutnya kami akan melakukan studi terlebih dahulu, untuk perencanan pembanguna pelabuhan baru ini selama enam sampai sembilan bulan. Studi itu kami lakukan secara paralel bersamaan dengan proses pembangunan,”ujarnya.

Namun demikian,lanjutnya, hal pertama yang akan dilakukan adalah pembangunan dermaga dan pendalaman dermaga pelabuhan, yang sebelumnya empat meter menjadi sepuluh meter.

”Targetnya tahun 2018 untuk pembanguanan pelabuhan niaga sudah selesai dan tahun 2019 pelabuhan skala internasional sudah dapat beroperasi,”tuturnya.

Bupati Kendal, Mirna Annisa mengatakan kerja sama Pemkab Kendal dengan PT Pelindo III ini, akan berdampak positif bagi ekonomi Kendal karena letak pelabuhan Kendal tersebut dekat dengan kawasan industri.

”Jadi kerja sama ini akan berlangsung lama, karena Pelindo sendiri jadi pengembang pelabuhan di seluruh indonesia,”paparnya.

Mirna menambahkan, pembangunan ini akan membuat pelabuhan kendal tidak hanya menjadi pelabuhan niaga, namun juga jadi pelabuhan yang menjadi jujukan para wisatawan mancanegara.

”Diharapkan Kabupaten Kendal yang mempunyai obyek wisata, baik di darat maupun di pantai bisa dikunjungi oleh wisatawan mancanegara,”ujarnya.(Suparman)

banner 521x10

Komentar