oleh

Kodiklat Angkatan Darat Peduli Kemanusiaan ditengah Wabah Covid-19

INILAHONLINE.COM, BANDUNG

Sejak terjadinya pandemi virus COVID-19, Palang Merah Indonesia (PMI) mengalami kesulitan dalam menjaga ketersediaan darah. Komandan Kodiklat Angkatan Darat, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos menghimbau jajarannya untuk membantu PMI guna mendukung penyediaan kebutuhan stok darah.

Sebanyak 150 personel jajaran Makodiklatad, Pussenif, Pusdikif, dan Pussimpur Kodiklatad ikut serta dalam kegiatan donor darah dalam rangka kemanusiaan dan peduli COVID-19 yang dilaksanakan di aula Moch Toha Kodiklatad, jalan Aceh no 50 Bandung, Senin (13/4/2020).

“Hari ini Kodiklatad melaksanakan kegiatan donor darah untuk membantu PMI dalam pemenuhan stok darah PMI yang sudah mulai berkurang, mengingat betapa pentingnya setetes darah bagi siapapun yang membutuhkannya terutama dalam kondisi saat ini. Inilah upaya kami, semoga hasilnya dapat membantu masyarakat melalui PMI,” ungkap Putranto.

Dikatakan Putranto, untuk pelaksanaan kegiatan donor darah akan diikuti sebanyak 750 orang personel dari satuan jajaran Kodiklatad. “Mekanisme kegiatan donor darah ini kita lakukan secara bergantian dan setiap pendonor mengantri dengan tetap memperhatikan jarak perorangan,” ujarnya.

 

Sementara itu, dr. Bernadi Wiguna Kusuma selaku ketua tim dari PMI Kota Bandung menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kodiklatad, atas kerja sama yang dijalin dalam bentuk kegiatan donor darah ini. Beliau mengungkapkan bahwa saat ini PMI Kota Bandung bukan hanya melayani kota Bandung saja tetapi juga melayani seluruh area Jawa Barat. “Karena ada wabah COVID-19, persediaan darah di PMI menipis, sedangkan setiap harinya PMI Kota Bandung harus menyediakan sekitar 400 kantung darah, tentu kegiatan ini sangat membantu kami dan mudah-mudahan dapat memberikan kontribusi yang berarti,” kata dr. Bernard.

Bernard juga merasa puas atas pelaksanaan kegiatan ini, dimana penerapan physical distancing atau jaga jarak selama kegiatan donor darah benar-benar dipatuhi oleh seluruh pendonor sehingga pelaksanaannya berjalan lancar dan mencegah penyebaran wabah COVID-19.

Kegiatan donor darah Jajaran Kodiklatad sesuai jadwal dilaksanakan di beberapa tempat yaitu pada tanggal 14 April 2020 dilaksanakan di Pusdikku (150 personel Pusdikkum, Pusdikowad, Pusdikajen), tanggal 15 April 2020 bertempat di Pusdikarmed (150 personel Pussenarmed, Pussenarhanud, Pussenkav/Denkavkud), tanggal 16 April 2020 bertempat di Pusdikpom (150 personel Pusdikpal, Pusdikjas, Pusdikkav) dan tanggal 17 April 2020 bertempat di Pusdikbekang (150 personel Pusdikpengmilum, Pusdikhub, Pusdiktop).

Turut hadir dalam kegiatan donor darah ini, Wadankodiklatad, Mayjen TNI Eka Wiharsa, Ketua Umum Persit KCK PG Kodiklatad, ibu Annies Putranto beserta pengurus, Ir Kodiklatad, Para Direktur Kodiklatad dan Pejabat lainnya.

(Hilda)

Komentar