Lansia Diperiksa Kesehatannya oleh Tim Medis Lansia

Megapolitan353 Dilihat

InilahOnline.com (Kota Bogor) – Ada yang menarik di Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Para Lansia memeriksakan kesehatannya secara gratis di Posyandu Plamboyan 1 Rw 05 Lebak Kantin. Namun, Tim medisnya juga dari para lansia yang pernah menjadi perawat maupun kerja di Rumah Sakit yang dibantu oleh petugas relawan sosial.

Lurah Sempur, Rena Da Frina mengatakan, kegiatan program kesehatan ini sudah lama ada di wilayahnya, mereka bergotong royong melakukan pengecekan kesehatan, saling bantu sesama lansia.

“Yang meriksanya dari lansia dan yang diperiksanya lansia, yang dibantu oleh ptugas relawan sosial,” kata Rena, ketika meninjau kegiatan program kesehatan para lansia di Posyandu Plamboyan I Lebak Kantin, Rabu (8/11/2017).

Sebenarnya, lanjut Rena, Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini bukan hal yang aneh, karena setiap Posyandu yang ada di Kelurahan Sempur semuanya pasti melakukan pengecekan kesehatan seperti biasanya. Namun, yang menarik di Posyandu Plamboyan I Lebak Kantin ini, adanya kegiatan pengecekan kesehatan dilakukan oleh para petugas medis lansia untuk para lansia di Lebak Kantin yang dibantu oleh tim relawan sosial.

“Program pengecekan kesehatan lansia itu rutin, sebenarnya di setiap RW ada. Namun, di Lebak Kantin itu lansianya sangat banyak dan mereka semuanya aktif. Termasuk tim medisnya sudah lansia. Jadi menurut saya ini sangat menarik untuk dikunjungi, mereka semua dengan kesadaran sendiri datang ke posyandu untuk memeriksakan kesehatannya,” paparnya.

Ia menambahkan, program cek kesehatan di tiap-tiap RW Kelurahan Sempur sudah ada sebelumnya, dirinya hanya melanjutkan program Lurah sebelumnya. Namun yang terpenting adalah peran aktif masyarakat terhadap progam tersebut.

“Seru, melihat para lansia masih aktif dan semangat, mereka datang untuk memeriksakan kesehatannya dari mulai cek gula darah, terapi kaki dan tangan, asam urat dan lainnya. Biasanya, orang kalau sudah sepuh sangat sungkan untuk memeriksakan kesehatannya,” jelasnya.

Harapan Rena, kedepan pihaknya akan melakukan program kegiatan kesehatan tersebut juga di kantor Kelurahan Sempur. Tujuannya agar bisa menjangkau para lansia yang berada di wilayah Kelurahan Sempur.

“InsyaAlloh minggu depan kegiatan serupa ini akan dilaksanakan di Kelurahan Sempur, supaya para lansia di wilayah sempur bisa dengan mudah datang untuk mengecek kesahatannya,” tandasnya. (Nicko)

banner 521x10

Komentar