oleh

Lantik Bupati dan Wakil Bupati Magelang, Ganjar : Ora Usah Diajari, Langsung Nyambut Gawe

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Zaenal Arifin dan Edi Tjahyana resmi menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Magelang periode 2019-2024. Hal itu menyusul setelah keduanya dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di gedung Gradika Bhakti Praja, Selasa (29/1).

Dihadiri sejumlah tamu undangan, pelantikan berlangsung khidmad. Pasangan yang memenangkan Pilkada pada 2018 lalu itu dengan lancar mengucapkan kalimat sumpah yang disampaikan Ganjar saat pelantikan berlangsung.

Dalam sambutannya, Ganjar meminta Zaenal dan Edi segera tancap gas untuk bekerja melayani rakyat. Apalagi, posisi Zaenal yang menjadi petahana, sehingga sudah memahami ritme kerja yang ada.

“Alhamdulillah sudah dilantik, tinggal langsung bekerja melayani rakyat. Ora usah diajari, langsung nyambut gawe, wong wis pengalaman (tidak usah diajari, langsung bekerja karena sudah pengalaman)” kata Ganjar.

Dalam kesempatan itu pula, tak lupa Ganjar selalu menekankan terkait pentingnya integritas dan pelayanan kepada masyarakat. Dua hal tersebut lanjut dia adalah ruh dari suksesnya sebuah pemerintahan.

“Integritas ini saya tekankan betul, jangan ada korupsi, jangan ada OTT (Operasi Tangkap tangan). Mitigasi korupsi harus dilakukan, jangan ada jual beli jabatan, permintaan komisi, tidak boleh ada suap atau pungli,” tegas Ganjar.

Sementara untuk pelayanan kepada masyarakat, Zaenal dan Edi diminta untuk masuk dalam dunia millenial saat ini. Pemanfaatan teknologi informasi harus dilakukan agar pelayanan kepada masyarakat semakin cepat.

“Mau tidak mau, kita harus memanfaatkan kemajuan teknologi ini. Sebab sekarang zamannya sudah virtual dan pemanfaatan medsos untuk melayani masyarakat sangat tepat dilakukan. Saya titip pak Bupati dan pak Wakil Bupati, tolong buat medsos dan ajak seluruh OPD memanfaatkan medsos untuk melayani rakyat,” tambahnya.

Tak hanya soal integritas dan pelayanan pada masyarakat, sejumlah aspek lain juga disinggung Ganjar dalam pelantikan itu. Seperti potensi pertanian Magelang yang luar biasa dan juga potensi wisata yang mendunia.

“Tolong petani-petaninya dilindungi, jangan sampai ada harga anjlok saat panen raya. Selain itu, pariwisata di Magelang ada Borobudur yang sedang terus kami garap. Silahkan kalau ada masukan dan saran sampaikan ke kami, karena kami membangun itu sepenuhnya untuk kesejahteraan masyarakat Jawa Tengah khususnya Magelang,” paparnya.

Persoalan mitigasi bencana dan penanggulangan kemiskinan di Magelang juga menjadi perhatian Ganjar. Ia berharap, di periode kedua ini, Zaenal Arifin dapat membuat Magelang menjadi lebih baik.

“Mitigasi bencana harus diperhatikan, sosialisasi harus terus dilakukan. Kemiskinan juga harus terus ditekan, manfaatkan sumber dana lain selain APBD, karena ada Baznas, CSR dan sumber pendanaan lainnya,” pungkasnya

Sementara itu, Zaenal Arifin mengatakan akan menjalankan tugas sebagai Bupati pada periode kedua ini dengan lebih baik.

“Apa yang disampaikan bapak Gubernur tadi akan kami laksanakan dengan baik. Tentunya di periode kedua ini, kami ingin membuat Kabupaten Magelang semakin maju,” ucapnya.

(Suparman)

Komentar