oleh

Lemhanas RI Gelar Dialog Wawasan Kebangsaan

Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI, kembali mengadakan Dialog Wawasan Kebangsaan, di Gedung Tri Gatra, Gedung Lemhanas RI. Kegiatan yang berlangsung 9-11 Juli 2019 ini, diikuti 100 peserta dari berbagai elemen masyarakat.

Direktur Sosial Media Lemhanas RI, Laksma TNI Erman Syafri mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pencerahan dan pemahaman kepada para peserta, terkait wawasan kebangsaan.

“Agar peserta bisa memahami nilai kebangsaan, berdasarkan Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujarnya, Selasa (9/7).

Para peserta akan mengikuti rangkaian materi-materi wawasan kebangsaan, dengan diselingi oleh diskusi panel dan juga diskusi kelompok.

Gubernur Lemhanas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo dalam sambutannya ingin melalui kegiatan ini para peserta bisa memiliki jiwa patriotisme dan sifat kebangsaan yang tangguh untuk menghadapi era globalisasi saat ini.

“Karena rasa kebangsaan dan jiwa nasionalisme yang tinggi, akan mendorong kita untuk menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa. Membela kepentingan bangsa di atas kepentingan golongan,” tuturnya.

Agus pun berpesan, agar kegiatan ini menjadi wadah untuk bertukar pikiran serta pengalaman antar peserta. “Jadikan sebagai wadah bertukar pikiran guna menyatukan dan memperjuangkan kepentingan bangsa,” tegasnya.

Sementara salah satu peserta yang mewakili MPW Pemuda Pancasila DKI Jakarta, Badar Subur mengungkapkan, bahwa kegiatan seperti ini penting untuk kembali menyatukan visi dan misi bernegara berdasarkan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

“Ya kemarin saat Pemilu kita terkotak-kotak karena beda pilihan. Sekarang Pemilu sudah selesai, mari kita kembali bersatu untuk kemajuan Indonesia. Jangan ada lagi sentimen atau perselisihan, walaupun itu hanya sekedar di media sosial,” tandasnya.

Komentar